kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,31   14,00   1.54%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar menanti kesepakatan perang dagang AS dan China, IHSG berpeluang konsolidasi


Minggu, 22 Desember 2019 / 17:58 WIB
Pasar menanti kesepakatan perang dagang AS dan China, IHSG berpeluang konsolidasi
ILUSTRASI. Pergerakan IHSG di Bursa Efek Indonesia Jakarta, Kamis (12/12).


Reporter: Kenia Intan | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perang dagang antara Amerika Serikat dan China masih membayangi pasar pekan depan. Mengingat, Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mcnuchin mengatakan Amerika Serikat  dan China akan menandatangani pakta perdagangan fase satu pada awal Januari.

Diperkirakan, kesepakatan fase satu akan meningkatkan ekspor Amerika Serikat  ke China dua kali lipat dalam dua tahun ke depan. Kesepakatan fase I itu akan menangguhkan tarif impor barang China senilai US$ 160 miliar yang seharusnya berlaku pada Minggu 15 Desember 2019 lalu. Amerika Serikat juga sepakat menurunkan tarif impor dari 15% menjadi 7,5% terhadap produk China senilai US$ 120 miliar. 

Selain itu, China dikabarkan menawarkan perlindungan kekayaan intelektual baru sebagai imbalan atas pengurangan tarif dari Amerika Serikat. 

Baca Juga: IHSG Senin (23/12) diproyeksi masih melanjutkan penguatan

Nampaknya pasar tidak merespon positif terhadap perjanjian-perjanjian tersebut. Sebab, keinginan China adalah penghapusan tarif. Akan tetapi, yang terjadi justru penundaan pengenaan tarif dan pemotongan tarif. Amerika Serikat juga masih mempertahankan retribusi 25% untuk barang-barang senilai US$ 250 miliar.   

Walaupun tidak dipungkiri, kesepakatan fase 1 ini sempat menghilangkan kekhawatiran pasar menjelang kenaikan tarif 15 Desember 2019 yang lalu. Pelaku pasar keuangan dunia juga berharap penghapusan tarif yang sudah berlaku mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dunia yang terus melambat semenjak perang dagang kedua negara tersebut. 

"Kami perkirakan IHSG pekan ini berpeluang konsolidasi melemah dengan support di level 6.219-6.139 dan resistance di level 6.287-6.300," kata Direktur PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Jumat (20/12). 

Asal tahu saja, pekan lalu pasar sempat khawatir mengenai berita pemakzulan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Trump dituduh menyalahgunakan kekuasaan dan menghalangi Kongres dalam melakukan penyidikan. 

Baca Juga: Meski ada libur Natal, IHSG diprediksi cenderung menguat

Meski demikian, pelaku pasar di Wall Street diperkirakan akan mengabaikan berita pemakzulan itu. Sebab, kemungkinan pencopotan Trump di persidangan Senat yang dikuasai Partai Republik sangat rendah.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×