kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Paraguay pertimbangkan bitcoin menjadi mata uang resmi, ini kata pengamat


Jumat, 25 Juni 2021 / 22:39 WIB
Paraguay pertimbangkan bitcoin menjadi mata uang resmi, ini kata pengamat
ILUSTRASI. Mata uang kripto.


Reporter: Achmad Jatnika | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Paraguay saat ini sedang dalam pertimbangan untuk mengesahkan Bitcoin sebagai mata uang resminya, setelah sebelumnya El Salvador sudah mengesahkan aset kripto ini. Beberapa negara lain di Amerika Latin seperti Panama juga sedang mempertimbangkannya.

Dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (25/6), CEO Indodax Oscar Darmawan menilai, pertimbangan ini sebagai bagian dari ekosistem moneternya, bisa jadi Paraguay menjadi negara kedua yang melegalkan Bitcoin.

“Paraguay sudah mengumumkan sedang mempertimbangkan untuk mensahkan Bitcoin. Beberapa negara tetangganya, juga mempertimbangkannya. Ini langkah mereka untuk mengurangi ketergantungan terhadap US Dollar,” kata Oscar.

Saat ini, Paraguay disebut-sebut ingin menjadi pusat kripto di kawasan Amerika Latin. Mereka juga ingin menjadi model bagi negara-negara lain dalam hal legalisasi uang kripto sebagai alat pembayaran. Hal menarik dari isu ini, negara yang paling banyak menggunakan aset kripto adalah Amerika Latin.

Baca Juga: 1Inch dinilai sebagai salah satu aset DeFi yang punya prospek menarik

Menurut Oscar, ini adalah hal yang wajar, bila negara berkembang mempertimbangkan penggunaan Bitcoin. Karena permasalahan negara berkembang, seperti yang dialami oleh El Salvador dan Amerika Latin tersebut juga umumnya menjadi permasalahan di negara berkembang lainnya.

Oscara menilai hal ini wajar, terutama beberapa masalah di negara berkembang yang masih banyak masyarakat yang belum punya rekening bank. Bitcoin dipercaya bisa meningkatkan literasi keuangan digital.

Ia juga menambahkan, sangat mungkin untuk beberapa negara lain mempertimbangkan Bitcoin untuk menjadikannya mata uang resmi, seperti yang dilakukan oleh El Salvador.

Di sisi lain, para developer blockchain di seluruh dunia juga sedang gencar melakukan sosialisasi tentang Bitcoin, aset kripto dan blockchain itu sendiri. Baru-baru ini, The Crypto Council for Innovation (CCI) akan meluncurkan ‘B World’. Hal itu dilakukan untuk menepis persepsi yang salah mengenai Bitcoin kepada orang-orang di seluruh dunia.

Jack Dorsey, CEO Twitter dan Square Inc. menjadi salah seorang pembicara dalam acara tersebut, pada hari Kamis (24/6). Sebelumnya, dia menyampaikan keseriusannya terhadap Bitcoin dan siap meninggalkan Twitter dan Square Inc, bila diperlukan. 

“Dalam proyeksi B World, Bitcoin adalah kekuatan positif di dunia karena bisa meningkatkan akses dan peluang keuangan. Tetapi, ada beberapa jaringan yang kompleks membuat Bitcoin sulit dipahami pada awalnya, Ini akan menjadi fokus mereka,” ujar Oscar. 

Oscar Darmawan mengungkapkan para developer di seluruh dunia juga akan semakin banyak menggunakan Bitcoin dan teknologi blockchain sebagai inovasi. 

Selanjutnya: Pergerakan harga Bitcoin tak menentu, antusiasme terhadap aset digital mulai memudar?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×