Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk (PANI) mencatatkan pendapatan prapenjualan alias marketing sales sebesar Rp 3,3 triliun di semester I 2024.
Melansir keterbukaan informasi di laman BEI, raihan itu setara dengan 60% dari target PANI di tahun 2024 yang sebesar Rp 5,5 triliun.
Dilihat dari kinerja masing-masing segmen bisnis, commercial landplot alias lahan komersial masih menjadi kontributor terbesar untuk marketing sales PANI, yaitu Rp 1,6 triliun alias 49% dari total raihan marketing sales di semester I 2024.
Lalu, disusul oleh segmen perumahan yang terjual sebesar Rp 895 miliar alias 27%. Terakhir, segmen produk komersial, seperti ruko dan perkantoran, SOHO, serta gudang komersial, yang mencatatkan marketing sales Rp 801 miliar alias 24%.
Manajemen mengungkapkan, raihan marketing sales PANI di periode ini tumbuh 191% dari semester I 2023. Hal ini disebabkan oleh penambahan 12 proyek baru pasca selesainya rights issue alias hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD II).
Baca Juga: Pantai Indah Kapuk Dua (PANI) Ungkap Progres Hotel Nusantara Capai 90%
Dalam rights issue tersebut, PANI mengakuisisi tujuh anak perusahaan baru dengan total 850 hektare land bank dan mulai memberikan kontribusi marketing sales pada tahun 2024.
Sebagai kontributor terbesar, lahan komersial membukukan Rp1,6 triliun, meningkat 194% secara tahunan alias year on year (YoY) dari Rp 545 miliar di semester I 2023.
Raihan ini disebabkan oleh adanya tuntutan baru dari perusahaan dan pemilik usaha lokal untuk memiliki sebidang tanah di central business district (CBD) PIK2.
Kemudian, raihan marketing sales segmen perumahan raihan meningkat 562% YoY. Kenaikan ini mencerminkan kemajuan pembangunan terkini dan memberikan fasilitas di sekitar PIK2.
“Sehingga, PIK2 berada di jalur menuju kota yang lebih layak huni, selain sebagai pusat bermain, makan, dan bisnis,” ungkap manajemen dalam keterbukaan informasi
Terakhir, raihan segmen bisnis produk komersial membukukan Rp 801 miliar, naik 76% YoY. Ini disebabkan banyaknya pengunjung PIK2 setiap hari.
“Selama masa liburan, terdapat hampir 1 juta pengunjung yang mengunjungi kawasan PIK2,” tuturnya.
Jika dilihat dari kinerja kuartalan, marketing sales PANI di kuartal II 2024 sebesar Rp 1,8 triliun. Ini naik 23% atau Rp 341 miliar secara kuartalan alias qoq dari kuartal I 2024 sebesar Rp 1,5 triliun.
“Hal ini menjelaskan bahwa permintaan properti tersebut tetap terjaga meski dalam periode hari raya terbesar di Indonesia, yaitu Ramadan dan Idul Fitri,” papar manajemen
Secara rinci, penjualan segmen lahan komersial menunjukkan peningkatan tertinggi, yaitu naik 48% QoQ. Lalu, diikuti oleh segmen produk komersial naik 6% QoQ.
Sementara, raihan marketing sales segmen perumahan yang pada kuartal II sebesar 1% QoQ.
Manajemen mengungkapkan, ada sejumlah proyek yang diluncurkan dan dipasarkan pada semester I 2024.
Dari segmen bisnis lahan komersial yang mayoritas berlokasi di CBD PIK2 ada Rukan Marina Bay, SOHO The Bund, Bizpark PIK2, Rukan Petak Sembilan (Cin Te Yen ), Rukan Lau Pa Sat, Rukan Little Siam, SOHO Miami, dan SOHO The Riverside Boulevard.
Sementara, dari segmen residensial adalah Bukit Nirmala, Pantai Bukit Villa, Ilona @Pasadena Hills, Pasadena Spring, Sapporo Residence, Rumah Milenial, Permata Hijau Residence, Pasir Putih Residence, Permata Golf Residence, dan The Golf Signature.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News