kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,94   -29,79   -3.09%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Panin Dana Unggulan raih return 13% hingga Februari 2018


Senin, 05 Maret 2018 / 20:21 WIB
Panin Dana Unggulan raih return 13% hingga Februari 2018
ILUSTRASI. Ilustrasi Reksadana Panin Asset management


Reporter: Dimas Andi | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski pasar obligasi dan saham kerap terkoreksi akhir-akhir ini, tidak semua reksadana campuran mengalami penurunan kinerja. Panin Dana Unggulan menjadi salah satu reksadana campuran yang mampu bertahan di tengah gejolak pasar.

Produk besutan PT Panin Asset Management tersebut meraih imbal hasil sebesar 13% secara year to date hingga akhir Februari 2018. Khusus Februari 2018, reksadana campuran ini masih mampu mencapai imbal hasil sebesar 0,27%. Padahal, pada periode yang sama, rata-rata kinerja reksadana campuran yang tercermin pada Infovesta Balanced Fund Index minus 0,24%.

Direktur Panin Asset Management, Rudiyanto menyebut, saat ini pihaknya lebih mengandalkan efek berupa saham sekitar 60% dalam portofolio reksadana Panin Dana Unggulan. Ia mengakui, pertumbuhan imbal hasil reksadana tersebut terbantu akibat kinerja positif saham-saham pilihan.

Saham-saham dalam portofolio reksadana ini tidak terpaku pada sektor tertentu saja. “Kami memiliki saham TPIA, TINS, INKP, HMSP, dan MNCN,” katanya, Senin (5/3).

Panin Dana Unggulan juga menerapkan strategi diversifikasi pada efek berupa obligasi yang diberikan porsi sekitar 26%. Walau sebagian besar efek utang pada reksadana ini berupa obligasi pemerintah, seri-seri yang dipilih tergolong lebih bervariasi. Mulai dari tenor pendek hingga panjang.

Rudiyanto menyatakan, pihaknya belum akan mengubah strategi portofolio Panin Dana Unggulan terlepas dari potensi berlanjutnya koreksi di pasar. “Sejak awal kami sudah menganalisis fundamental dan risiko investasi pada reksadana Panin Dana Unggulan,” imbuhnya.

Walau enggan menyebut secara rinci, Rudiyanto menargetkan imbal hasil reksadana Panin Dana Unggulan mampu melampaui indeks acuan pada akhir tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×