kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,95   -3,63   -0.37%
  • EMAS958.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.66%
  • RD.CAMPURAN -0.19%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Panin AM tawarkan Panin Dana Pendapatan Berkala sebagai reksadana pembagi dividen


Senin, 27 April 2020 / 16:24 WIB
Panin AM tawarkan Panin Dana Pendapatan Berkala sebagai reksadana pembagi dividen
ILUSTRASI. Nasabah mendapatkan penjelasan tentang produk reksadana Panin Dana Pendapatan Berkala


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa produk reksadana memiliki kebijakan untuk membagi dividen atau kupon dari bunga secara rutin. Reksadana yang membagi dividen tersebut umumnya merupakan reksadana yang berbasis obligasi seperti reksadana pendapatan tetap atau reksadana terproteksi.

Reksadana Panin Dana Pendapatan Berkala milik Panin Asset Management (AM) merupakan salah satu produk reksadana yang rutin membagikan dividen. Direktur Panin AM Rudiyanto menuturkan saat ini kinerja reksadana tersebut cenderung sedikit berada di area negatif.

“Jika dihitung dari awal tahun hingga 24 April, kinerja reksadana Panin Dana Pendapatan Berkala yang memperhitungkan pembagian dividen dan naik turun harga adalah -0.73%,” ujar Rudiyanto kepada Kontan.co.id, Senin (27/4).

Baca Juga: Wabah Corona Menyeret Turun Dana Kelolaan Industri Reksadana

Rudiyanto menjelaskan penurunan kinerja reksadana tersebut seiring dengan harga obligasi yang juga mengalami penurunan imbas dari pandemi virus corona. Hanya saja Rudiyanto bilang penurunan kinerja ini relatif kecil, berbeda dengan harga saham yang turun cukup dalam.

Hingga akhir Maret 2020, dana kelolaan yang terdapat pada reksadana Panin Dana Pendapatan Berkala tercatat mencapai sebesar Rp 99,42 miliar dengan jumlah unit penyertaan mencapai 96,36 juta.

Sementara dari segi portofolio, reksadana Panin Dana Pendapatan Berkala menjadikan obligasi korporasi sebagai underlying aset utamanya, yakni sebesar 68,55%. Lalu 25,78% ditempatkan di obligasi pemerintah dan sisanya ditempatkan di pasar uang dan kas.

Dari segi pembagian dividen, Rudiyanto bilang, dividen dibagikan secara periodik setiap bulan pada tanggal 5. Sementara untuk jumlah yang dibagikan, reksadana Panin Dana Pendapatan Berkala membagikan dividen sebesar Rp 5 per unit.

“Untuk persentase yang diperoleh investor berbeda sesuai dengan harga atau NAB per UP pada saat investor beli. Jadi investor mungkin akan melihat pokok investasinya naik turun sesuai perubahan NAB per UP, namun untuk penerimaan dividen dan besaran dividen ditetapkan sama,” jelas Rudiyanto.

Baca Juga: Dana kelolaan reksadana saham dan pasar uang jatuh paling dalam

Lebih lanjut, Rudiyanto menambahkan nominal tersebut akan naik atau turun tergantung jumlah UP. Jika UP mengalami kenaikan maka nilai yang dibagikan juga naik dan sebaliknya. Sementara untuk hitungannya adalah Rp 5 dikalikan unit yang dimiliki investor.

“Kalau untuk strategi, kami selaku Manajer Investasi lebih mengatur porsi cash yang diterima dari kupon obligasi untuk pembagian dividen dan menyesuaikan aliran dana subscription dan redemption,” tambah Rudiyanto.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×