kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.924.000   -21.000   -1,08%
  • USD/IDR 16.298   5,00   0,03%
  • IDX 7.758   151,76   2,00%
  • KOMPAS100 1.100   18,62   1,72%
  • LQ45 818   18,16   2,27%
  • ISSI 257   3,33   1,31%
  • IDX30 423   9,44   2,28%
  • IDXHIDIV20 483   10,62   2,25%
  • IDX80 123   2,14   1,78%
  • IDXV30 127   1,17   0,93%
  • IDXQ30 135   3,04   2,30%

Pangkas Anak Usaha dari 60 Menjadi 22, Telkom Menegaskan Tidak ada PHK


Selasa, 12 Agustus 2025 / 10:02 WIB
Pangkas Anak Usaha dari 60 Menjadi 22, Telkom Menegaskan Tidak ada PHK
ILUSTRASI. Seorang pejalan kaki melintasi The Telkom Hub di Jakarta, Senin (27/3/2023)ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manajemen baru PT Telkom Indonesia Tbk berbenah. Emiten berkode saham TLKM ini mulai memilah bisnis dan usaha yang menguntungkan sekaligus efisiensi. Dari sisi produk misalnya, dipangkas dari 6.000-an menjadi fokus 400-an produk .

Telkom juga akan memangkas anak usaha agar lebih fokus pada bisnis utama. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom, Arthur Angelo Syailendra memaparkan, saat ini TLKM memiliki sekitar 60 anak usaha.  

“Di 49 perusahaan kami adalah pengendali, sebanyak 6  mayoritas tapi bukan pengendali dan 5 perusahaan kami minoritas,” terang Lolo - sapaan Angelo, Senin (11/8).

Dia menyodorkan contoh, di Pefindo ternyata Telkom menjadi pemegang saham minoritas. “Ternyata ternyata kami punya saham 6% di Pefindo. Model seperti ini  ada 5 perusahaan,” ujarnya. 

Baca Juga: Semester I-2025, Pendapatan dan Laba Telkom (TLKM) Terkoreksi

Maka, Telkom melakukan merger dan konsolidasi antar anak usaha itu. Targetnya dua tahun ke depan hanya menjadi 22 perusahaan. "Proses tersebut kami harapkan selesai tahun 2027,” kata Lolo. 

Meski akan terjadi merger dan konsolidasi, Lolo mengklaim, rencana tersebut bukan dalam rangka  pemangkasan jumlah karyawan atau pemutusan hubungan kerja (PHK). Tapi penggabungan berbagai entitas yang bisnisnya sama, sehingga Telkom lebih fokus. 

SVP Group Sustainability & Corporate Communication Telkom, Ahmad Reza menambahkan
inovasi Telkom akan rokus pada tiga arah utama. Pertama, pemanfaatan data dan platform digital untuk meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan. Kedua, penguatan infrastruktur digital, termasuk pengembangan data center dan jaringan konektivitas berkapasitas tinggi.

"Ketiga, pengembangan kemitraan strategis, baik dengan pelaku industri lokal maupun mitra global, guna memperluas jangkauan dan menciptakan nilai bersama," terangnya.
 

Selanjutnya: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2025 di Atas Ekspektasi, Kredibilitas Data Diragukan

Menarik Dibaca: Inilah Alasan iPhone 15 Pro Max Jadi Idaman Pecinta Gadget di Kelas Flagship

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mitigasi Risiko SP2DK dan Pemeriksaan Pajak Executive Macro Mastery

[X]
×