CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.477.000   -5.000   -0,34%
  • USD/IDR 15.794   33,00   0,21%
  • IDX 7.329   6,57   0,09%
  • KOMPAS100 1.122   1,88   0,17%
  • LQ45 889   4,33   0,49%
  • ISSI 222   0,01   0,00%
  • IDX30 455   2,58   0,57%
  • IDXHIDIV20 547   1,20   0,22%
  • IDX80 129   0,23   0,18%
  • IDXV30 137   0,18   0,13%
  • IDXQ30 151   0,24   0,16%

Panca Mitra (PMMP) ambil peluang dari konsumsi makanan siap masak selama pandemi


Jumat, 08 Januari 2021 / 16:06 WIB
Panca Mitra (PMMP) ambil peluang dari konsumsi makanan siap masak selama pandemi
ILUSTRASI. Jurnalis melintas dekat logo PT Panca Mitra Multiperdana (PMMP) Tbk KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perekonomian dalam negeri bahkan global tengah lesu akibat pandemi Covid-19. Namun kinerja perusahaan udang PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) tetap terjaga dengan kenaikan pendapatan 12,64% secara tahunan (yoy) dari US$ 83,34 juta menjadi US$ 73,99 juta per Juni 2020.

Volume penjualan juga tercatat masih meningkat 14% yoy di Juni 2020. Direktur Utama Panca Mitra Multiperdana Tbk Martinus Soesilo mengatakan penjualan PMMP masih cukup baik lantaran perusahaan yang fokus pada penjualan untuk ekspor saja tersebut fokus pada retailer di Amerika Serikat dan Jepang.

“Dan selama pandemi, demand atas frozen food meningkat tajam karena adanya lockdown di negara masing-masing,” jelas Martinus, Jumat (8/1).  

PMMP juga masih akan fokus pada penjualan ke AS dan Jepang karena permintaan dinilai masih cukup tinggi dan terus bertumbuh. Martinus berharap di tahun ini, mereka bisa meningkatkan penetrasi pasar ke kedua negara tersebut. 

Asal tahu saja PMMP memasarkan produk-produknya ke AS sekitar 70-75% dari total penjualan, Jepang sekitar 20-25% dan lain-lain seperti ke Denmark, Singapura serta Hong Kong sekitar 5% dari penjualan.

Manajemen juga optimistis industri aquaculture akan mampu bertumbuh dan tidak terlalu terpengaruh oleh disrupsi akibat pandemi Covid-19. Hal ini didasarkan pada kondisi yang ada serta hasil analisis World Bank bahwa Industri seafood processing merupakan salah satu industri yang stabil dan tidak terlalu terpengaruh oleh situasi ini. 

Baca Juga: Bangun pabrik Rp 75 miliar, Panca Mitra Multiperdana (PMMP) pakai dana hasil IPO

Berdasarkan peringkat industry risk level, industri aquaculture mendapatkan peringkat yang sangat baik dengan berada pada level moderate to low risk.

Corporate Secretary and Head of Investor Relation PMMP Christian Jonathan mengatakan PMMP memang menargetkan kenaikan volume penjualan di tahun 2020 dan tahun ini. 

Adapun volume penjualan pada tahun 2019 tercatat sebesar 15.641 ton dan ditargetkan meningkat menjadi sekitar 18.000 di akhir 2020. Lalu pada tahun ini volume penjualan kembali ditargetkan meningkat menjadi sekitar 20.000 ton

Dari sisi keuangan, Panca Mitra Multiperdana membidik target penjualan sekitar US$ 190 juta pada 2021 atau meningkat 12% yoy dibandingkan penjualan selama 2020. 

Di 2020 PMMP juga berharap bisa mengantongi laba bersih US$ 10 juta dan di tahun ini menjadi sekitar US$ 12 juta.  Per Juni 2020, PMMP telah mencapai setengah dari target laba bersih yaitu US$ 5,27 juta.

Salah satu strategi yang dilakukan PMMP untuk mencapai target tersebut adalah meningkatkan kapasitas produksi dengan menambah fasilitas produksi baru dan mengubah segmentasi penjualan produk. 


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×