kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Panca Budi Idaman (PBID) beli tanah untuk membangun pabrik


Jumat, 11 Januari 2019 / 16:05 WIB

Panca Budi Idaman (PBID) beli tanah untuk membangun pabrik

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Panca Budi Idaman Tbk (PBID) tengah berupaya melebarkan ekspansi bisnisnya ke daerah Jawa Tengah.

Perusahaan yang memproduksi barang plastik dan kemasan tersebut telah membeli tanah seluas 12 hektare (ha) yang terletak di desa Pesucen, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah pada Rabu (9/1).


Berdasarkan keterbukaan informasi yang dipublikasikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini (11/1), nilai transaksi pembelian tanah tersebut sebesar Rp 40 miliar.

Sekretaris Perusahaan PBID Lukman Hakim menjelaskan bahwa tujuan pembelian lahan tersebut untuk ekspansi bisnis. "Jika pembeliannya berjalan lancar, maka lahan tersebut bakal digunakan membangun pabrik dan juga memperluas ekspansi bisnis ke daerah Jawa Tengah," terangnya dalam keterbukaan informasi.

Berdasarkan laporan keuangan PBID per September 2018, Panca Budi dan entitas anak memiliki dan mengoperasikan pabrik di tujuh lokasi. Pabrik Ceper, Tangerang, Banten yang memproduksi plastik kantongan, dengan kapasitas produksi sekitar 31.407 ton pertahun.

Pabrik kedua berlokasi di Karawaci, Tangerang. Pabrik ini memproduksi plastik kantongan dengan kapasitas produksi 10.573 ton pertahun. Kedua pabrik ini beroperasi langsung di bawah PBID.

PT Panca Buana Plasindo, anak usaha PBID mengoperasikan pabrik di Medan, Sumatra Utara. Pabrik ini memproduksi plastik kantongan dengan kapasitas produksi 6.983 ton per tahun.

PT Sekarnusa Kreasi Indonesia yang berlokasi di Karanganyar, Jawa Tengah, memproduksi plastik kantongan dengan kapasitas 28.719 ton per tahun.

Entitas anak PBID, PT Polytech Indo Hausen mengoperasikan pabrik di Cilegon, Banten dengan kaapasitas produksi 4.406 ton per tahun. Polytech pun mengoperasikan pabrik di Cipondoh, Tangerang dengan kapasitas produksi 3.780 ton.

Terakhir adalah pabrik di Tangerang, Banten di bawah PT Polypack Indo Meyer yang memiliki kapasitas produksi 1.904 ton per tahun.


Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi
Editor: Wahyu Rahmawati
Video Pilihan

Terpopuler

Close [X]
×