kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pada Tahun Depan, Era Graharealty (IPAC) Akan Tambah 20 Kantor Franchise Baru


Rabu, 21 Desember 2022 / 08:00 WIB
Pada Tahun Depan, Era Graharealty (IPAC) Akan Tambah 20 Kantor Franchise Baru


Reporter: Vina Elvira | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten agen properti dan real estate, PT Era Graharealty Tbk (IPAC) menyiapkan sejumlah strategi menghadapi tahun 2023. Perusahaan berencana menambah 20 kantor franchisee baru (franchise induk dan branch office) yang bakal dimulai pada awal 2023 mendatang. 

Direktur Utama Era Graharealty Darmadi Darmawangsa memaparkan, rencana ekspansi tersebut bakal dijalankan dengan sejumlah cara. Pertama, dengan meng-konversi broker lokal ke brand Era. Menurutnya, jumlah kantor broker lokal di Indonesia cukup banyak, dan banyak dari mereka yang belum memiliki sistem dan brand yang kuat. 

"Kami ingin menargetkan brand lokal ini untuk bergabung dengan Era untuk jadi salah satu kantor broker dari Era," papar Darmadi, dalam Paparan Publik Virtual. 

Sebagai gambaran, perseroan adalah pemegang master franchise ERA untuk seluruh wilayah Indonesia yang resmi beroperasi sejak 1992. ERA sendiri merupakan pelopor broker properti di Indonesia dengan sistem franchise internasional yang berasal dari Amerika Serikat. 

Baca Juga: Kinerja Bisnis Era Graharealty (IPAC) Tumbuh Positif, Ini Faktor Pendorongnya

"ERA Indonesia adalah bagian dari ERA Asia Pasific yang meliputi 10 negara dengan 653 kantor franchisee dan 20.328 marketing associate," tutur Darmadi. 

IPAC juga disebut Darmadi bakal menawarkan skema kerja sama yang menarik kepada para calon pemilik franchise. Tanpa menyebutkan secara detail apa saja keunggulan yang ditawarkan, dia bilang bahwa cara ini cukup efektif mengingat masih banyaknya masyarakat Indonesia yang tertarik dengan bisnis properti, khususnya jual beli sewa properti. 

Strategi ketiga yakni memberikan penawaran untuk membuka branch office kepada kantor franchise ERA yang sudah berdiri sebelumnya.

"Jadi kami bisa mendapatkan kantor dengan kualitas dan produktivitas tinggi," imbuh dia. 

Era Graharealty juga berencana menambah atau merekrut 1.000 marketing associate baru tahun depan. Angka ini dinilai cukup realistis mengingat di tahun ini saja pihaknya sudah merekrut sekitar 800 marketing associate baru. 

"Kami juga akan bekerjasama dengan para developer untuk memasarkan proyek primary ke pelanggan. Di 2023 developer sudah akan mulai masuk ke market, di mana mereka sudah menunggu cukup lama hampir dua tahun lebih untuk memasarkan produk-produk primary,"  tambah Darmadi.

Baca Juga: Era Graharealty (IPAC) Incar Pertumbuhan Laba 15%-20% pada Tahun Depan

Adapun, sampai saat ini IPAC memiliki 107 kantor franchisee dan 4.873 marketing assoiciate yang tersebar di Kota-kota Besar di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Cibubur, Tangerang, Bekasi, Bandung, Tegal, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Makassar, Manado, Medan, dan Samarinda.

Terkait alokasi belanja modal atau capital expenditure (Capex) tahun depan, pihaknya tidak membeberkan detail angka. Namun, Darmadi memproyeksikan besaran dana yang dianggarkan tidak akan terlalu besar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×