kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

OJK sebut Bakrieland (ELTY) belum bisa reverse stock, ini alasannya


Jumat, 02 November 2018 / 19:05 WIB
OJK sebut Bakrieland (ELTY) belum bisa reverse stock, ini alasannya
ILUSTRASI. RUPS PT Bakrieland Development Tbk


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah dikonfirmasi beberapa kali, akhirnya Forum Investor Penolak Reverse Stock PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) atau yang dikenal Forty mendapat surat balasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terkait surat investor pada 16 Oktober lalu.

Dalam surat Forty, investor meminta OJK untuk memberikan informasi terbaru terkait perkembangan atas laporan Forty yang menemukan adanya dugaan pelanggaran hukum dan kejanggalan pada rencana reverse stock ELTY.

Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II OJK Fakhri Hilmi menjelaskan dalam suratnya, bahwa otoritas telah menerima surat dari ELTY pada 30 Mei 2018, terkait permohonan emiten untuk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) ketiga. Salah satu agenda rapat yakni meminta restu pemegang saham untuk melaksanakan penggabungan saham atau reverse stock.

"Terhadap permohonan di atas, OJK telah melakukan komunikasi lisan dan tertulis dengan ELTY, mengenai rencana penggabungan saham dan rencana konversi pinjaman yang diterima dari PT Geo Link Indonesia," jelas Fakhri dalam suratnya kepada Forty, Jumat (2/11).

OJK juga telah berkoordinasi dengan Bursa Efek Indonesia (BEI). Namun, hingga saat ini Fakhri mengatakan masih terdapat dokumen yang belum disampaikan ELTY kepada otoritas. "Dokumen tersebut, termasuk yang dibutuhkan OJK untuk menelaah rencana tersebut (reverse stock dan konversi pinjaman Geo Link)," ungkap dia.

Karena dokumen tersebut belum masuk ke OJK, otoritas mengaku belum dapat melakukan penelaahan lebih lanjut atas rencana reverse stock ELTY. Otoritas juga belum dapat memberikan penetapan terkait permohonan untuk menyelenggarakan RUPS ketiga.

"Mata acara yang meminta persetujuan perubahan nilai nominal saham melalui penggabungan saham belum dapat dilaksanakan. Dengan demikian, reverse stock saham ELTY belum dapat dilaksanakan," tandasnya.

Sebagai informasi, ELTY berencana melakukan aksi reverse stock saham dengan rasio 10:1. Tujuannya untuk restrukturisasi utang dengan cara konversi saham. Utang tersebut berasal dari kreditur Geolink Indonesia dengan nilai pagu pinjaman mencapai Rp 500 miliar.

Pagu tersebut, sudah dicairkan sebanyak dua kali yakni Rp 100 miliar pada 22 Desember 2017 dan Rp 213,5 miliar. ELTY telah melaporkan hal ini dalam keterbukaan informasi 23 Juli 2018. Dengan begitu, ELTY telah mencairkan total utang Rp 313,5 miliar dari Geo Link.

Dalam keterbukaan informasi beberapa bulan lalu juga disebutkan, jika diperlukan ELTY akan mengambil seluruh pagu pinjaman yang diberikan Geo Link Indonesia. Tujuannya, untuk memenuhi rencana bisnis ELTY ke depan.

Sementaran itu, dalam proses restrukturisasi utang, Geo Link Indonesia meminta agar harga saham ELTY lebih wajar. Sehingga, rencana reverse stock menjadi opsi yang dipilih untuk merealisasikan permintaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×