kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nilai divestasi lebih tinggi daripada perhitungan, ini kata Mitra Adiperkasa (MAPI)


Rabu, 26 Agustus 2020 / 09:53 WIB
Nilai divestasi lebih tinggi daripada perhitungan, ini kata Mitra Adiperkasa (MAPI)
ILUSTRASI. Saham MAP Active Adiperkasa Ltd dijual dengan nilai THB 105 juta.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa waktu lalu, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) menjual sahamnya di MAP Active Adiperkasa Ltd (MAAT) kepada Athletica International Holdings Pte.Ltd (AIHP). 

Saham MAAT yang ditransaksikan sebesar 999.998 dengan nominal THB 100 per sahamnya. Jumlah tersebut setara 99,99% dari yang dimiliki MAPI. Adapun saham MAAT itu dijual dengan nilai THB 105 juta. Lebih tinggi dibanding perhitungan nilai wajar yang dipatok THB 102,93 juta

Menanggapi hal ini, pihak MAPI menjelaskan bahwa dengan nilai transaksi THB 105 juta, MAPI memang akan membukukan keuntungan atas selisih nilai transaksi sebesar 2,01%. 

"Sesuai dengan peraturan VIII.C.3, persentase yang mana tidak melebihi 7,50% dari nilai pasar wajar 99,99% saham MAAT," jelas Sekretaris Perusahaan Mitra Adiperkasa Eva Andrianie dalam keterbukaan informasi, Selasa (25/8). 

Baca Juga: Dampak Restrukturisasi Bisnis Mitra Adiperkasa Terbatas, Saham MAPI Tetap Layak Beli

MAPI akan memperoleh pembayaran langsung dari AIHP. Untuk pendanaannya, AIHP memperolehnya dari PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) dalam bentuk penanaman modal saham. 

Sekadar informasi, MAPA memiliki 100% saham AIHP yang berkedudukan di Singapura. Sementara MAPI memiliki 68,84% saham MAPA. Akan tetapi, untuk pendanaan transaksi tadi berasal dari operasional MAPA. 

Adapun ke depan transaksi ini diproyeksikan tidak akan berdampak negatif yang material terhadap kinerja keuangan MAPI. Transaksi divestasi ini justru dapat mengembangkan MAAT sebagai perusahaan ritel yang menjual produk dengan merek Airwalk, Steve Madden, dan Nine West di Thailand. Asal tahu saja, MAAT memiliki jaringan distribusi yang tersebar hingga 40 kota di Thailand dan memiliki tim operasional yang kuat. 

Setelah transaksi divestasi tersebut efektif, diharapkan terjalin sinergi usaha antara MAPA beserta entitas anaknya dan MAAT yang memiliki kegiatan usaha sejenis. Sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap laporan keuangan konsolidasian MAPI. 

Baca Juga: Restrukturisasi bisnis di Thailand, ini rekomendasi saham Mitra Adiperkasa (MAPI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×