kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nilai Aset Bersih Saratoga (SRTG) Tumbuh Positif di Tahun 2021


Selasa, 15 Maret 2022 / 06:30 WIB
Nilai Aset Bersih Saratoga (SRTG) Tumbuh Positif di Tahun 2021


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) mencatatkan net asset value (NAV) tertinggi sepanjang sejarah perusahaan investasi ini, yakni sebesar Rp 56,3 triliun. Kenaikan nilai aset bersih terutama didukung oleh peningkatan nilai pasar portofolio yang belum direalisasikan.

Nilai tersebut meningkat 78% daripada NAV Saratoga di tahun 2020 senilai Rp 31,7 triliun. Presiden Direktur Saratoga Michael William P. Soeryadjaya mengatakan, kemampuan perusahaan portofolio investasi Saratoga dalam mengoptimalkan peluang selama fase pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19 di tahun 2021 menjadi kunci kinerja cemerlang SRTG.

Dengan didukung fundamental yang kokoh dan sektor bisnis yang strategis, mayoritas harga saham portofolio Saratoga melesat di tahun lalu.

Baca Juga: Sucor Sekuritas Rekomendasikan Beli Saham SRTG, Simak Alasannya

“Salah satu sumber pertumbuhan NAV Saratoga pada tahun lalu adalah lonjakan harga saham di hampir semua portofolio investasi kami terutama PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) dan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX),” kata Michael melalui keterangan resmi, Senin (14/3).

Michael mengungkapkan, kenaikan harga saham itu sejalan dengan kinerja keuangan yang juga semakin solid. Hal ini terbukti dari kontribusi perusahaan-perusahaan tersebut terhadap pendapatan dividen Saratoga yang mencapai Rp 1,65 triliun selama tahun 2021, tumbuh 120% daripada tahun 2020 sebesar Rp 750 miliar.

“Kami mengapresiasi langkah strategis dan taktis yang telah dilakukan sehingga mereka berhasil mengoptimalkan momentum pertumbuhan ekonomi yang terus membaik sejak tahun lalu. Ke depan, Saratoga akan terus terlibat aktif dalam proses pertumbuhan dan penguatan fundamental bisnis di setiap perusahaan investasi,” ujar Michael.

Baca Juga: Yuk Intip Rekomendasi Saham Saratoga (SRTG) Saat Harga Komoditas Melonjak

Sesuai dengan komitmen Saratoga dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, Saratoga juga terus mencari dan mengoptimalkan peluang melalui investasi baru. Selama tahun 2021, sejumlah langkah penting telah dilakukan Saratoga dengan melakukan investasi baru di tiga perusahaan startup, yaitu Xurya Daya Indonesia (Xurya), SIRCLO dan Fuse, juga investasi di perusahaan media digital dan periklanan yakni City Vision.

Saratoga juga menambah kepemilikan sahamnya hingga akhir Desember 2021 dibandingkan Desember 2020, di PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk dari 52,2% menjadi 56,69 persen dan PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII) dari 8,39% menjadi 9,31%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×