kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

NFCX Menggandeng PLN Perbanyak Stasiun Sistem Ganti Baterai Motor Listrik


Sabtu, 25 Maret 2023 / 09:30 WIB
NFCX Menggandeng PLN Perbanyak Stasiun Sistem Ganti Baterai Motor Listrik


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Energi Selalu Baru (ESB), anak usaha PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) menggandeng PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk penempatan stasiun Sistem Ganti Baterai (SGB) Motor Listrik Volta di properti milik PLN.

ESB merupakan perusahaan yang berfokus pada pengembangan teknologi dan infrastruktur kendaraan listrik, khususnya stasiun Sistem Ganti Baterai motor listrik Volta. Kerja sama penambahan stasiun SGB di Indonesia yang terjalin antara ESB dan PLN merupakan tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian kerja sama yang telah dilakukan sebelumnya.

Kini, SGB telah tersedia di lebih dari 250 titik di berbagai wilayah di Indonesia. Adanya kerja sama ini berpotensi memperluas lokasi SGB di ratusan titik lokasi kantor PLN.

Pada tahap awal kerja sama, SGB akan tersedia di Kantor PLN UP3 Serpong, UP3 Cikupa, UP3 Cikokol, UP3 Teluk Naga, UP3 Banten Utara, UP3 Banten Selatan, dan Kantor UP2D.

Baca Juga: Volta Resmi Dapat Insentif Subsidi Motor Listrik dari Pemerintah

Dalam kerja sama ini, PLN akan menyediakan lahan lokasi di kantor PLN untuk stasiun SGB, mendukung pasokan daya dan penyambungan listrik, dan menangani gangguan listrik di lokasi SGB, hingga pengamanan stasiun SGB. Sedangkan Energi Selalu Baru menjadi penyedia infrastruktur stasiun SGB yang sekaligus bertanggung jawab dalam pembangunan SGB

Nantinya, SGB juga akan terintegrasi dalam Electric Vehicle Digital Services (EVDS) yang merupakan platform digital one stop services ekosistem kendaraan listrik di aplikasi PLN Mobile. Dengan adanya integrasi ini, masyarakat diberikan kemudahan karena dapat melihat lokasi SGB, hingga melakukan transaksi ganti baterai di PLN Mobile.

Sinergi yang terjalin diharapkan dapat mengakselerasi penggunaan kendaraan listrik oleh masyarakat seiring dengan penguatan infrastruktur kendaraan listrik yang dibangun PLN bersama dengan ESB-Volta.

Baca Juga: Bakal Jual Motor Listrik Bersubsidi, Volta Pastikan Kapasitas Produksinya Cukup

Iwan Suryaputra, Chief Executive Officer Energi Selalu Baru, menyampaikan, kerja sama ini adalah wujud nyata dari komitmen ESB guna mendukung kenyamanan pengguna dalam berkendara dengan motor listrik Volta dengan menyediakan infrastruktur sistem ganti baterai motor listrik yang masif di seluruh Indonesia

“Penambahan SGB di area milik PLN merupakan langkah penting dalam meningkatkan dan memperluas aksesibilitas masyarakat dalam melakukan penukaran baterai motor listrik Volta. Melalui sinergi yang terjalin dengan PLN, kami dapat menyediakan solusi infrastruktur ganti baterai secara cepat, dekat, dan mudah, yang juga dibutuhkan dalam mengakselerasi transisi ke kendaraan listrik,” ujar Iwan dalam siaran pers, Jumat (24/3).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×