kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Net Visi Media (NETV) Rambah Metaverse dan Resmi Luncurkan OTT NET Verse


Selasa, 31 Mei 2022 / 13:01 WIB
Net Visi Media (NETV) Rambah Metaverse dan Resmi Luncurkan OTT NET Verse
ILUSTRASI. PT Net Visi Media Tbk (NETV)


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Net Visi Media Tbk (NETV) melalui anak usahanya PT Net Media Digital (NMD) resmi meluncurkan platform over-the top (OTT) NET Verse. Dalam peluncuran itu, NETV juga mulai memperkenalkan tampilan konten teknologi platform metaverse yang kini  sedang dijajakinya bersama PT WIR Asia Tbk (WIR Group).

Deddy Hariyanto CEO Net Visi Media mengatakan, peluncuran platform OTT NET Verse merupakan bagian dari  upaya NETV dalan melakukan pengembangan usaha perseroan. 

“Kami memiliki potensi kuat dalam menghadirkan konten hiburan dan informasi pada segmentasi anak muda dan keluarga Indonesia berjiwa muda melalui media penyiaran maupun platform digital. Besarnya antusiasme penggemar konten kreatif pada media digital membuat kami optimis dapat  mengembangkan inovasi digital, melalui penjajakan kolaborasi dan optimalisasi Intellectual Property dari  karya  konten  kreatif,” kata  Deddy Hariyanto dalam keterangan resminya, Selasa (31/5).

Kehadiran platform OTT NET Verse  merupakan bagian dari  strategi NETV dalam membidik potensi  pertumbuhan  pengguna konten kreatifnya serta inovasi  platform digitalnya.  Potensi pertumbuhan bisnis platform OTT terbilang  cukup besar dimana data Indonesian Digital Report 2021 menunjukkan pengguna internet mencapai  202,6 Juta.  Studi terbaru  Future of TV  juga mencatat popularitas OTT di Indonesia meningkat dimana satu dari tiga orang Indonesia menonton konten lewat platform tersebut.  

Baca Juga: Jejak Wiwoho Basuki Tjokronegoro di BEI; dari INDY, NETV Hingga Teladan Agro (TLDN)

Sebelumnya, PT Net Media Digital (NMD)  telag melakukan pengembangan konten kreatifnya melalui  kanal  youtube Net Mediatama dan media sosial lainnya. Platform YouTubu ercatat memiliki  lebih  dari 18 juta unique user dan 280 juta views perbulannya.  Potensi  tersebut dibidik  NETV dalam mengembangkan  konten kreatif  dan  inovasi  digital  terbarunya melalui  platform OTT.  

Olwin Pangaribuan  Vice President Digital NET menjelaskan, NET Verse merupakan platform OTT yang dengan mudah dapat diunduh secara gratis lewat  Google Play atapun App Store dan dapat dinikmati kapanpun dan dimanapun. NET  Verse akan menghadirkan konten-konten eksklusifnya yang tidak dapat ditemui pada platform lainnya, mulai dari talkshow, music show, reality show, documentary hingga original series lainnya.

Melalui platform NET Verse, lanjutnya, penonton dapat bernostalgia dengan lengkap bersama konten-konten kreatif kekinian khas NET. Platform OTT ini menyiapkan sejumlah konten baru dan  eksklusifnya, seperti  konten Match Island, Hidden Gems yang akan membawa pemirsa berwisata kuliner  sambil menikmati perjalanan  yang  kaya perbincangan menarik serta sejumlah konten eksklusif lainnya yang diantaranya  menghadirkan kisah dua pasangan rumah tangga unik.

“Intellectual Property konten kekinian khas NET  akan  terus kami  kembangkan melalui berbagai  inovasi  platform digital  kami. Kata kunci  perkembangan   konten kreatif dan inovasi digital  adalah New Engagement and New Experience.  NETV akan terus melakukan mengembangkan  inovasi   digital ke dalam aspek yang lebih luas, termasuk menjajaki kemungkinan pengembangan konten  melalui gaming, digital merchandising, NFT, hingga metaverse”, kata Deddy Hariyanto.

Saat ini, lanjut Deddy,  perseroan sedang mencermati secara lebih mendalam kolaborasi  pengembangan konten kreatif  kami dengan berbagai  teknologi  media baru, mulai dari nonfungible token (NFT) hingga teknologi Metaverse, seperti augmented reality (AR). Inovasi tersebut sangat menarik dalam menghadirkan pengalaman baru menikmati  konten-konten entertainment kami yang dikenal dekat dengan masyarakat kekiniaan saat ini.

 

Penjajakan kolaborasi  pengembangan konten kreatif melalui  platform metaverse  mulai  terlihat dalam peluncuran NET Verse beberapa pekan lalu. Perkenalan  teknologi  metaverse dalam tayangan peluncuran NET Verse merupakan bagian dari rencana kolaborasi  yang sedang dijajaki  antara NETV dan  PT WIR Asia  Tbk  (WIR Group).

WIR Group merupakan entitas inovasi milik anak bangsa yang didirikan di Jakata sejak tahun 2009 untuk  mengembangkan teknologi AR.  Dalam mengembangkan inovasi teknologinya, WIR memiliki solusi teknologi AR&Co (Solusi Augmented Reality untuk Brands), solusi media interaktif DAV (Solusi Augmented Reality untuk Kiosk), solusi layanan digital komersil Mindstores (Solusi Augmented Reality untuk Commerce) dan Minar (game augmented reality berbasis geolocation). 

Menariknya, WIR Group  justru  berkembang menyelesaikan berbagai  inovasi Augmented Reality  (AR) di manca negara dengan melayani lebih dari 20 negara, antara lain: Amerika Serikat, Jerman, Spanyol, Nigeria, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Myanmar.

“Rencana kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem metaverse yang tengah dibangun saat ini dan bisa disejajarkan dengan penyedia konten berteknologi tinggi lainnya di dunia sehingga dapat menjadi awal mula bentuk hiburan dan media masa depan yang lebih inovatif dan imersif sehingga kebutuhan konsumen di era modern,”ujar Michel Budi, Chief Executive Officer WIR Group.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×