Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Net Visi Media Tbk (NETV) melalui anak usahanya PT Net Media Digital (NMD) resmi meluncurkan platform over-the top (OTT) NET Verse. Dalam peluncuran itu, NETV juga mulai memperkenalkan tampilan konten teknologi platform metaverse yang kini sedang dijajakinya bersama PT WIR Asia Tbk (WIR Group).
Deddy Hariyanto CEO Net Visi Media mengatakan, peluncuran platform OTT NET Verse merupakan bagian dari upaya NETV dalan melakukan pengembangan usaha perseroan.
“Kami memiliki potensi kuat dalam menghadirkan konten hiburan dan informasi pada segmentasi anak muda dan keluarga Indonesia berjiwa muda melalui media penyiaran maupun platform digital. Besarnya antusiasme penggemar konten kreatif pada media digital membuat kami optimis dapat mengembangkan inovasi digital, melalui penjajakan kolaborasi dan optimalisasi Intellectual Property dari karya konten kreatif,” kata Deddy Hariyanto dalam keterangan resminya, Selasa (31/5).
Kehadiran platform OTT NET Verse merupakan bagian dari strategi NETV dalam membidik potensi pertumbuhan pengguna konten kreatifnya serta inovasi platform digitalnya. Potensi pertumbuhan bisnis platform OTT terbilang cukup besar dimana data Indonesian Digital Report 2021 menunjukkan pengguna internet mencapai 202,6 Juta. Studi terbaru Future of TV juga mencatat popularitas OTT di Indonesia meningkat dimana satu dari tiga orang Indonesia menonton konten lewat platform tersebut.
Baca Juga: Jejak Wiwoho Basuki Tjokronegoro di BEI; dari INDY, NETV Hingga Teladan Agro (TLDN)
Sebelumnya, PT Net Media Digital (NMD) telag melakukan pengembangan konten kreatifnya melalui kanal youtube Net Mediatama dan media sosial lainnya. Platform YouTubu ercatat memiliki lebih dari 18 juta unique user dan 280 juta views perbulannya. Potensi tersebut dibidik NETV dalam mengembangkan konten kreatif dan inovasi digital terbarunya melalui platform OTT.
Olwin Pangaribuan Vice President Digital NET menjelaskan, NET Verse merupakan platform OTT yang dengan mudah dapat diunduh secara gratis lewat Google Play atapun App Store dan dapat dinikmati kapanpun dan dimanapun. NET Verse akan menghadirkan konten-konten eksklusifnya yang tidak dapat ditemui pada platform lainnya, mulai dari talkshow, music show, reality show, documentary hingga original series lainnya.
Melalui platform NET Verse, lanjutnya, penonton dapat bernostalgia dengan lengkap bersama konten-konten kreatif kekinian khas NET. Platform OTT ini menyiapkan sejumlah konten baru dan eksklusifnya, seperti konten Match Island, Hidden Gems yang akan membawa pemirsa berwisata kuliner sambil menikmati perjalanan yang kaya perbincangan menarik serta sejumlah konten eksklusif lainnya yang diantaranya menghadirkan kisah dua pasangan rumah tangga unik.
“Intellectual Property konten kekinian khas NET akan terus kami kembangkan melalui berbagai inovasi platform digital kami. Kata kunci perkembangan konten kreatif dan inovasi digital adalah New Engagement and New Experience. NETV akan terus melakukan mengembangkan inovasi digital ke dalam aspek yang lebih luas, termasuk menjajaki kemungkinan pengembangan konten melalui gaming, digital merchandising, NFT, hingga metaverse”, kata Deddy Hariyanto.
Saat ini, lanjut Deddy, perseroan sedang mencermati secara lebih mendalam kolaborasi pengembangan konten kreatif kami dengan berbagai teknologi media baru, mulai dari nonfungible token (NFT) hingga teknologi Metaverse, seperti augmented reality (AR). Inovasi tersebut sangat menarik dalam menghadirkan pengalaman baru menikmati konten-konten entertainment kami yang dikenal dekat dengan masyarakat kekiniaan saat ini.
Penjajakan kolaborasi pengembangan konten kreatif melalui platform metaverse mulai terlihat dalam peluncuran NET Verse beberapa pekan lalu. Perkenalan teknologi metaverse dalam tayangan peluncuran NET Verse merupakan bagian dari rencana kolaborasi yang sedang dijajaki antara NETV dan PT WIR Asia Tbk (WIR Group).
WIR Group merupakan entitas inovasi milik anak bangsa yang didirikan di Jakata sejak tahun 2009 untuk mengembangkan teknologi AR. Dalam mengembangkan inovasi teknologinya, WIR memiliki solusi teknologi AR&Co (Solusi Augmented Reality untuk Brands), solusi media interaktif DAV (Solusi Augmented Reality untuk Kiosk), solusi layanan digital komersil Mindstores (Solusi Augmented Reality untuk Commerce) dan Minar (game augmented reality berbasis geolocation).
Menariknya, WIR Group justru berkembang menyelesaikan berbagai inovasi Augmented Reality (AR) di manca negara dengan melayani lebih dari 20 negara, antara lain: Amerika Serikat, Jerman, Spanyol, Nigeria, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Myanmar.
“Rencana kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem metaverse yang tengah dibangun saat ini dan bisa disejajarkan dengan penyedia konten berteknologi tinggi lainnya di dunia sehingga dapat menjadi awal mula bentuk hiburan dan media masa depan yang lebih inovatif dan imersif sehingga kebutuhan konsumen di era modern,”ujar Michel Budi, Chief Executive Officer WIR Group.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News