kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Multi Indocitra (MICE) masih optimis meraih target bisnis yang ditetapkan tahun ini


Selasa, 27 Juli 2021 / 07:55 WIB
Multi Indocitra (MICE) masih optimis meraih target bisnis yang ditetapkan tahun ini


Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Multi Indocitra Tbk (MICE) masih berpegang teguh pada target bisnis yang dibidiknya di awal tahun ini.

Meskipun penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat dan level 4 turut berpengaruh terhadap kinerja MICE saat ini, manajemen berujar laju bisnisnya masih tetap on track dengan target yang dibidik perseroan, yakni double digit growth untuk kinerja penjualan.

"Secara umum sebenarnya masih on track (double digit growth). Namun sejak diberlakukan PPKM jadi terpengaruh. Semoga kebijakan tersebut segera selesai diiringi penurunan rate masyarakat yang terkena Covid-19," ujar Direktur Multi Indocitra Tbk, Hendro Wibowo kepada Kontan.co.id, Senin (26/7). 

Sedikit gambaran, perusahaan ini berhasil meraih kinerja yang cukup memuaskan di tiga bulan pertama tahun 2021. Mengutip laporan keuangan perusahaan, MICE membukukan penjualan bersih senilai Rp 180,91 miliar pada kuartal I-2021. Torehan tersebut turun tipis 2,84% secara tahunan atau yoy dibandingkan penjualan bersih di kuartal I-2020 yang sebesar Rp 186,20 miliar. 

Sedangkan dari sisi bottom line, berhasil terkerek 49,58% dari sebelumnya Rp 6,91 miliar pada kuartal I-2020 menjadi Rp 10,34 miliar di akhir Maret lalu. 

Demi mempertahankan tren kinerja positif di tahun ini, MICE pun memfokuskan agenda bisnisnya kepada beberapa aspek. Seperti misalnya yang disampaikan dalam materi paparan publik 2021, MICE secara konsisten akan melakukan pengembangan produk sesuai dengan kondisi pasar dan karakteristik konsumen. Di antaranya dengan mengeluarkan produk Steriz Hand Sanitizer, Kaila Beaute Lip Cotton dan Kaila Micelar Water.

"Jumlahnya belum bisa kami informasikan secara detail, tapi mostly di segmen skincare dan kosmetik," tambahnya. 

Baca Juga: MICE Menyiapkan Dana Belanja Modal Rp 30 Miliar

 

Di tahun ini MICE juga mulai menjajaki lini bisnis baru dengan menggunakan jalur distribusi yang telah ada. Masih mengutip materi paparan publik 2021, disebutkan bahwa MICE mendirikan anak usaha PT Multitrans Nusantara Logistik (MSL) yang bergerak di bidang usaha jasa transportasi pengangkutan barang. Pendirian MSL ini diklaim sejalan dengan rencana perseroan untuk mengembangkan bisnis logistik dan transportasi secara digital.

Hendro berujar, karena masih baru, lini bisnis MICE di lini transportasi ini masih dalam tahapan investasi dan set up system terkini. Sehingga secara kontribusi belum begitu signifikan terhadap pendapatan perseroan. 

"Lini bisnis MICE di bidang transportasi dengan expand ke market di luar group, dan saat ini dalam tahapan investasi dan set up system terkini. Sehingga secara kontribusi pendapatan belum signifikan ke Multi Indocitra Group," ujar Hendro. 

Lebih lanjut Hendro menambahkan, di tahun ini MICE juga masih akan fokus  untuk terus mengembangkan lini bisnis yang telah dilakoni perseroan sebagaimana yang telah direncanakan di awal tahun 2021. 

Seperti misalnya menambah titik dan perluasan distribusi brand-brand yang diageni oleh MICE, baik ke outlet konvensional maupun outlet online. Serta menjaga dan meningkatkan pangsa pasar dan juga  brand awareness Pigeon, Kaila dan brand-brand lain yang diageni perusahaan melalui kegiatan pemasaran digital yang terintegritas. 

"Kami akan tetap lakukan rencana yang sudah ditetapkan di awal tahun dan akan menyesuaikan dengan perkembangan market di masa pandemi," tambahnya, 

Di tahun ini, MICE menganggarkan alokasi capital expenditure (capex) sekitar Rp 30 miliar. Hendro bilang, serapan capex sudah sekitar 20% hingga saat ini. "Sekitar 20% dari plan, lebih untuk pembelian aset, armada transportasi, sewa gudang dan pengembangan distribusi," jelasnya. 

Sedikit informasi, 80% dari total pendapatan perusahaan masih bersumber dari lini bisnis distribusi. Hal itu lantaran MICE telah memiliki pengalaman dan latar  belakang yang kuat di lini bisnis tersebut. "Saat ini lini bisnis distribusi masih paling besar kontribusinya karena perusahaan kuat secara background dan experience," tutup Hendro. 

Selanjutnya: Siapkan capex hingga Rp 30 miliar, ini yang akan dikerjakan Multi Indocitra (MICE)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×