kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Moody’s beri rating Ba1 untuk Adaro Indonesia, anak usaha Adaro Energy (ADRO)


Selasa, 15 Oktober 2019 / 19:51 WIB
Moody’s beri rating Ba1 untuk Adaro Indonesia, anak usaha Adaro Energy (ADRO)
ILUSTRASI. Lembaga pemeringkat utang global Moody?s menyematkan peringkat Ba1 kepada PT Adaro Indonesia.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga pemeringkat utang global Moody’s menyematkan peringkat Ba1 kepada PT Adaro Indonesia. Dalam rilisnya, Moody’s menyebut peringkat Ba1 mencerminkan kualitas kredit induknya, yakni PT Adaro Energy Tbk (ADRO). Sebab, hubungan operasional antara Adaro Indonesia dengan ADRO dinilai cukup kuat.

Pertama, ADRO memegang mayoritas saham Adaro Indonesia yakni sebesar 88,5%. Adaro Indonesia juga mendapat manfaat dari operasi terintegrasi secara vertikal dengan induk perusahaan. Selain itu, ADRO juga menjamin semua utang Adaro Indonesia.

Dalam rilisnya, Asisten Wakil Presiden dan Analis Moody's Maisam Hasnain menyebut, kualitas kredit ADRO didukung oleh Adaro Indonesia yang merupakan anak usaha utama. Adaro Indonesia disebut sebagai salah satu produsen batubara dengan lokasi tunggal terbesar di Indonesia bahkan di belahan bumi bagian selatan.

Baca Juga: Simak Rekomendasi Analis untuk Saham Adaro Energy (ADRO)

Bisnis batubara termal ADRO memiliki rekam jejak yang stabil dengan produksi tahunan sekitar 50 juta ton sejak 2013, menjadikannya penghasil batubara terbesar kedua di Indonesia berdasarkan volume.

Namun, pada saat yang sama kualitas kredit ADRO terkendala oleh diversifikasi operasional dan keadaan geografis yang terbatas. Hal ini membuat ADRO bergantung pada penjualan batubara termal untuk mendorong pendapatan selama beberapa tahun ke depan.

Meski demikian, Moody’s menilai Adaro Energy telah mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mendiversifikasi pendapatannya. Salah satunya seperti investasi ADRO di dua proyek pembangkit listrik di Indonesia yang dijadwalkan mulai beroperasi pada akhir 2019 dan 2020.

Baca Juga: Simak prospek saham Adaro Energy (ADRO) sambil menunggu kepastian aksi korporasi

Selain itu, pada 2018 ADRO juga telah membeli 35% saham efektif di Tambang Batubara Kestrel, yang merupakan produsen batubara metalurgi yang berbasis di Australia.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×