kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.508.000   10.000   0,67%
  • USD/IDR 15.930   0,00   0,00%
  • IDX 7.141   -39,42   -0,55%
  • KOMPAS100 1.095   -7,91   -0,72%
  • LQ45 866   -8,90   -1,02%
  • ISSI 220   0,44   0,20%
  • IDX30 443   -4,74   -1,06%
  • IDXHIDIV20 534   -3,94   -0,73%
  • IDX80 126   -0,93   -0,74%
  • IDXV30 134   -0,98   -0,72%
  • IDXQ30 148   -1,09   -0,73%

Momentum Lebaran, XL Axiata Perkuat Jaringan di Tiga Jalur Utama Penyeberangan Laut


Sabtu, 06 April 2024 / 20:17 WIB
Momentum Lebaran, XL Axiata Perkuat Jaringan di Tiga Jalur Utama Penyeberangan Laut
ILUSTRASI. Karyawan mengamati layar trafik data jaringan di Customer Experience and Service Operation Center XL Axiata di Jakarta, Rabu (3/4/2024). KONTAN/Cheppy A. Muchlis/03/04/2024


Reporter: Nadya Zahira | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) telah memastikan kesiapan jaringan guna melayani dan memudahkan arus mudik Lebaran tahun 2024 di semua lokasi yang akan dijangkau oleh masyarakat. Lokasi ini termasuk jalur transportasi darat dan laut.  Nah, khusus transportasi laut, XL Axiata telah melakukan penguatan jaringan di tiga jalur penyeberangan ramai pemudik, yaitu Merak – Bakauheni, Ketapang – Gilimanuk, dan Padang Bai – Lembar.

Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, untuk keperluan tersebut, XL Axiata menambahkan kapasitas baru yakni, upgrade teknologi dan newsite. “Jadi selama berada di kapal penyeberangan, pelanggan XL Axiata akan bisa mendapatkan sinyal 4G yang kuat sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas akses data,” kata I Gede dalam keterangan resminya, Sabtu (6/4). 

Gede berharap, fasilitas XL Axiata ini bisa mendukung penyediaan layanan telekomunikasi dan data yang berkualitas bagi para pemudik, juga dalam jangka panjang mampu mendukung program-program pemerataan akses internet cepat hingga ke area terpencil, terutama juga support untuk pariwisata. 

Secara teknis, dengan adanya penguatan jaringan yang mampu menjangkau area jalur penyeberangan laut ini, sinyal 4G bisa meningkat secara signifikan. Sehingga kenyamanan masyarakat dan pelanggan dalam menggunakan berbagai layanan data selama melakukan perjalanan diatas kapal saat mudik akan semakin nyaman.

Dia mengungkapkan, saat di laut, akses internet bisa menjangkau hingga 95 Mbps. Sebelum ada penguatan, pelanggan cenderung mengalami kesulitan akses internet saat kapal sudah di tengah laut karena semakin jauh dari BTS yang melayani. Selain kecepatan, fasilitas ini juga memungkinkan layanan bagi penumpang dalam jumlah yang lebih besar.

Baca Juga: Libur Lebaran, Trafik Layanan Data XL Axiata Diproyeksi Meningkat 10% - 20%

“Penguatan akses internet di jalur penyeberangan laut ini sekaligus melengkapi kesiapan jaringan XL Axiata dalam menghadapi momen libur panjang Lebaran, di mana biasanya terjadi lonjakan trafik penggunaan data,” kata dia.

XL Axiata telah melakukan uji jaringan yang berlangsung di jalur utama pulang kampung yang berada di berbagai daerah, termasuk di kawasan Sumatera. Manajemen XL Axiata memprediksi, sepanjang libur Lebaran nanti, trafik layanan XL Axiata akan meningkat sekitar 10% - 20% dibandingkan hari biasa.

Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lain berupa optimasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran. Untuk tujuan itu pula, sejumlah daerah yang biasanya menjadi tujuan mudik dan wisata akan menjadi perhatian khusus.

XL Axiata juga telah menyiagakan sumber daya yang memadai, baik berupa tim teknis yang siaga dan akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan. 

Selain itu, XL Axiata jmelakukan pengerahan dan penempatan armada mobile base transceiver station (BTS) sebanyak sekitar 94 unit untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik.  "Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring customer experience & service operation center,” tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×