kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MNC Land raih proyek resort di Lombok


Jumat, 04 Januari 2013 / 06:16 WIB
ILUSTRASI. Promo Hypermat Hyper Diskon Weekday 14-16 September 2021


Reporter: Narita Indrastiti | Editor: Avanty Nurdiana

JAKARTA. MNC Group mulai serius menggarap bisnis pariwisata. Melalui PT MNC Land Tbk (KPIG), MNC telah menggenggam beberapa proyek besar. Salah satunya adalah pembangunan resort di kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sebenarnya, anak usaha PT Bhakti Investama Tbk (BHIT) ini sudah ingin merambah bisnis resort sejak 2011. Waktu itu, MNC Land telah menandatangani MoU dengan PT Bali Tourism Development Corporation (BTDC) sebagai pemegang hak pengelolaan di kawasan tersebut.

Dipa Simatupang, Direktur MNC Land mengatakan, saat ini, MNC Land sudah memenangkan beauty contest yang diadakan BTDC pada Desember 2012. Hasilnya, MNC Land bakal menggarap lahan seluas 120 hektare (ha) untuk kawasan resort dan pariwisata.

MNC Land berharap, bisa menyelesaikan proses transaksi pengambilalihan proyek itu pada kuartal I tahun ini. Namun dia, masih enggan menyebutkan nilai investasi.

MNC Land akan membiayai ekspansi ini dengan sebagian kas internal dan pinjaman bank. "Opsi kami terbuka untuk mencari pinjaman, namun hitungannya masih dikaji karena harganya belum keluar," ujar Dipa kepada KONTAN, Kamis (3/1). Di kawasan itu, MNC Land akan membangun lapangan golf, resort, dan taman hiburan.

Baru-baru ini, MNC Land juga mendapat proyek besar dari akuisisi Lido Resort di Sukabumi, Jawa Barat yang luasnya mencapai 1.000 ha.
MNC Group membeli Lido Rp 1 triliun dari PT Bakrieland Development Tbk (ELTY). Tetapi, Dipa masih enggan berkomentar soal kelanjutan proyek ini. Dia mengatakan, ini bisnis baru MNC Land dan diharapkan bisa mendongkrak pendapatan.

Sumber KONTAN di MNC Group menyatakan bahwa kelak MNC akan membangun taman bermain berskala internasional di Lido, seperti Universal Studio Singapura. Proyek ini, klaim si sumber, berpotensi menaikkan nilai aset Lido mencapai Rp 10 triliun. "Jadi MNC Land akan menjadi perusahaan besar dan berkontribusi besar untuk holding," klaim sumber itu. Saham KPIG, Kamis (3/1), naik 5% menjadi Rp 1.610 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×