kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,42   6,96   0.76%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MNC Investama (BHIT) gandeng Kemenkop UKM dorong digitalisasi UMKM


Rabu, 06 Oktober 2021 / 20:49 WIB
MNC Investama (BHIT) gandeng Kemenkop UKM dorong digitalisasi UMKM
ILUSTRASI. Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT MNC Investama Tbk (BHIT) atau MNC Group dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) meneken nota kesepahaman untuk mendorong digitalisasi usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada Rabu (6/10).

Usai penandatanganan, sekitar 150 perwakilan komunitas UMKM langsung mendapatkan sosialisasi dan pendampingan bersama MNC Group untuk lebih memahami peluang bisnis yang ditawarkan MotionBanking, MotionPay, MNC e-commerce, dan Warung Migo.

Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo mengatakan, komitmen dalam mendorong digitalisasi UMKM ini melalui layanan digital banking, pengembangan transaksi cashless, akses pembiayaan, ekspansi e-commerce, hingga distribusi konten digital.

“Merupakan kehormatan bagi MNC Group ikut andil menjangkau 65 juta UMKM untuk bertransformasi digital dengan memanfaatkan kekuatan dan fitur teknologi kami di bidang media, jasa keuangan," kata Hary dalam keterbukaan informasi yang dikutip Kontan.co.id, Rabu (6/10).

Baca Juga: MNC Investama (BHIT) umumkan kolaborasi layanan cloud dengan Amazon

Ia bilang, kolaborasi small and medium enterprises and cooperatives (SMESCO) dengan MotionBanking akan mendorong proses bisnis yang lebih aman, produktif, dan efisien serta memberikan peluang untuk berkembang dengan bantuan pembiayaan.

Selain itu, berbagai inisiasi dengan unit bisnis milik MNC Group diharapkan dapat membantu memajukan UMKM di Indonesia. "Kami yakin kolaborasi KemenKopUKM dengan MNC Group akan menjadi solusi dari berbagai tantangan yang dihadapi pelaku UMKM dan menyebarkan dampak positif bagi jutaan masyarakat Indonesia melalui ekspansi digital," ujarnya.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki turut menyambut baik inisiasi ini. Secara gabungan, UMKM menyerap sekitar 97% atau 117 juta tenaga kerja nasional, dan berkontribusi sekitar 60% terhadap total Pendapatan Domestik Bruto Indonesia.

Namun, kata Teten, masih banyak sekali para pelaku UMKM yang memiliki keterbatasan terhadap akses perbankan. Ia berharap agar kontribusi MotionBanking akan meningkatkan jumlah produksi, omzet, skala usaha, dan peningkatan daya saing.

"Ditambah lagi, kerjasama lainnya dengan promosi melalui media dan e-commerce, yang merupakan keunggulan MNC Group. Dengan UMKM go digital, akan membuka peluang lebih besar untuk mendongkrak ekspor karya-karya lokal,” kata Teten.

Selanjutnya: Gandeng Tokopedia, KemenkopUKM dorong pemanfaatan teknologi informasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×