kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MNC akuisisi 30% saham Bank ICB Bumiputera


Jumat, 05 April 2013 / 20:30 WIB
MNC akuisisi 30% saham Bank ICB Bumiputera
6 Drakor terbaru yang akan tayang di Viu bulan November tahun 2021, ada banyak drama Korea romantis.


Reporter: Cipta Wahyana, Annisa Aninditya Wibawa | Editor: Cipta Wahyana

JAKARTA. Bisnis Grup MNC semakin menggurita. Yang terbaru, melalui PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP), konglomerasi bisnis yang dikendalikan Hary Tanoesoedibjo ini mengakuisisi PT Bank ICB Bumiputera Tbk (BABP). Menurut keterbukaan informasi MNC Kapital di situs Bursa Efek Indonesia (BEI) Jumat (5/4), MNC Kapital menyatakan telah menadatangani perjanjian jual beli saham bersyarat atau Conditional Sell and Purchase Agreement (CSPA) dengan ICB Financial Group Holdings untuk mengambil alih 30% saham ICB Bumiputera. Kesepakatan itu diteken pada hari Selasa (2/5) lalu.
 
 “Penandatanganan tersebut merupakan tahap awal dari pelaksanaan rencana strategis untuk memperkuat posisi Perseroan sebagai perusahaan investasi yang bergerak di jasa keuangan yang terintegrasi,” tulis manajemen MNC Kapital dalam keterbukaan informasi tersebut. Namun, transisi akuisisi ini baru dapat direalisasikan setelah mendapatkan persetujuan dari Bank Indonesia (BI).

Selama ini, MNC Kapital yang dahulu bernama Bhakti Capital Indonesia telah memiliki beberapa bisnis di bidang finansial. Perusahaan ini telah memiliki PT MNC Asset Management (manajer investasi), PT MNC Finance (pembiayaan), PT MNC Securities (broker), PT MNC Life Assurance (asuransi jiwa), dan PT MNC Asuransi Indonesia (asuransi umum).

MNC Kapital tidak menyebut nilai akuisisi tersebut. Namun, jika berpatokan pada nilai kapitalisasi pasar saham ICB Bumiputera pada Jumat (5/4) yang sebesar Rp 910,69 miliar, nilai saham yang dibeli MNC Kapital itu mencapai sekitar Rp 273 miliar.

Catatan saja, per tanggal 28 Feb 2013 lalu, menurut data RTI, ICB Financial Group Holding AG masih mengempit 69,89% saham ICB Bumiputera.  Pemegang saham yang lain adalah AJB Bumiputera 1912 yang memiliki 5,45%, SCBT  mengantongi 5,47%, dan investor publik (dengan kepemilikan di bawah 5%) memiliki 19,17% saham ICB Bumiputera. Artinya, jika akuisisi ini lancar, kepemilikan ICB Financial Group akan menyusut menjadi 39,89%, sementara MNC Kapital akan muncul menjadi juragan baru dengan kepemilikan sebesar 30%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×