kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,33   -18,40   -1.99%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MLPL enggan komentari penjualan saham LPPF


Jumat, 22 Maret 2013 / 19:07 WIB
MLPL enggan komentari penjualan saham LPPF
ILUSTRASI. Saat bunga naik, investor memburu obligasi korporasi dengan kupon tinggi, ketimbang memburu yield tinggi obligasi pemerintah


Reporter: Dea Chadiza Syafina |

JAKARTA. Saham PT Multipolar Tbk (MLPL) melonjak hari ini. Ada kabar bahwa MLPL bersama CVC Capital Partners telah menjual 40% saham mereka di PT Matahari Department Store Tbk (LPPF). Menurut sumber Reuters, CVC Capital Partners dan Multipolar meraup US$ 1,3 miliar dari penjualan saham LPPF. Namun, tidak dijelaskan siapa saja pembelinya.

Ketika KONTAN mengonfirmasi kabar ini, Sekretaris Perusahaan PT Multipolar Chrysologus RN Sinulingga hanya mengatakan, "Yang dapat saya sampaikan adalah sesuai dengan keterbukaan informasi yang selengkapnya dapat dilihat di IDXNet. Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya," tulis Chrys dalam pesan singkatnya kepada KONTAN pada Jumat (22/3). 

Pada 20 Maret lalu, MLPL mengirimkan surat kepada BEI untuk meminta suspensi harga LPPF. Alasannya, akan ada rencana stabilisasi harga LPPF terkait rencana penjualan (private placement) 1,167 juta saham biasa LPPF milik Asia Color dan MLPL.

LPPF akan mengalokasikan 175,08 juta sahamnya yang dimiliki ACC melalui opsi penjatahan lebih untuk menjadi saham stabilisasi.

Periode stabilisasi harga ini akan berlangsung antara 25 Maret-23 April 2013 atau sampai saat seluruh saham stabilisasi sudah diserap. Berdasarkan laporan Reuters hari ini, MLPL dan CVC menjual saham LPPF di harga Rp 10.850.

Sedangkan harga stabilisasi akan lebih rendah dari harga jual saham LPPF pada private placement itu.

Sejak hari ini, saham LPPF sudah terkena suspensi BEI. BEI juga meminta LPPF segera mengeluarkan keterbukaan informasi.

span>Dari tulisan sebelumnya, sudah ada sejumlah investor yang berkomitmen membeli sebagian saham Matahari yang ditawarkan yakni senilai US$ 435 juta. Mereka adalah nama-nama besar di dunia keuangan global dan regional, antara lain BlackRock, Fidelity Investments, Schroders dan Goldman Sachs' GS Investment Strategies.

Grup yang terdiri dari 15 investor itu juga termasuk Temasek dan Government of Singapore Investment Corp, hedge funds Och-Ziff Capital Management Group LLC, dan Azentus Capital Management Ltd.

Dengan kabar ini, saham MLPL sudah melejit tiga hari berturut-turut. Sejak Rabu (18/3) sampai hari ini (22/3), kenaikannya mencapai 19%. Pukul 15.15 WIB, harga saham MLPL berada di Rp 690. MLPL juga menjadi saham yang paling banyak ditransaksikan berdasarkan volumenya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×