Reporter: Rashif Usman | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) membukukan kinerja solid di sepanjang semester I-2025.
Berdasarkan laporan keuangannya yang dipublikasikan Kamis (31/7) lalu, MAPI meraup laba bersih di semester I-2025 sebesar Rp 960,92 miliar, naik 6,84% dari sebelumnya Rp 899,33 miliar di posisi yang sama tahun lalu.
Dengan begitu, total laba per saham dasar MAPI meningkat menjadi Rp 58 dari sebelumnya Rp 54.
Dari segi top line per akhir Juni 2025, MAPI mampu membukukan pendapatan bersih Rp 19,56 triliun, meningkat 8,71% dari sebelumnya Rp 17,99 triliun di sepanjang semester I-2024.
Baca Juga: Mitra Adiperkasa (MAPI) akan Tebar Dividen Rp 166 Miliar, Ini Jadwal Lengkapnya
Secara rinci, pendapatan MAPI utamanya ditopang oleh segmen penjualan ritel senilai Rp 16,54 triliun, departemen store Rp 1,42 triliun, kafe dan restoran Rp 1,52 triliun serta pendapatan lain-lain Rp 131,46 miliar.
Di sisi lain, beban pokok penjualan dan beban langsung MAPI tercatat melonjak menjadi Rp 11,24 triliun dari sebelumnya Rp 10,19 triliun. Dengan begitu, MAPI meraup laba kotor senilai Rp 8,31 triliun, naik dari Rp 7,97 triliun.
Dari segi beban penjualan juga tercatat melonjak menjadi Rp 5,68 triliun, dari sebelumnya Rp 5,24 triliun. Beban umum dan administrasi tercatat Rp 1,01 triliun, meningkat dari Rp 936 miliar. Jumlah beban usaha tercatat Rp 6,69 triliun, meningkat dari Rp 6,17 triliun.
VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group, Ratih D. Gianda mengatakan MAPI mencatat kinerja yang stabil pada kuartal kedua, di tengah ketidakpastian makroekonomi yang terus berlangsung dan kondisi pasar yang kurang kondusif.
Baca Juga: Upaya Digitalisasi dan Ekspansi Toko Jadi Strategi Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI)
"Meskipun sebagian penjualan Lebaran beralih ke bulan Maret, namun peluncuran iPhone 16 pada bulan April memperkuat kembali momentum bisnis digital kami," kata Ratih dalam keterangan resminya, Kamis (31/7).
Selain itu, periode libur sekolah di bulan Juni juga memberikan kontribusi positif terhadap hasil keseluruhan.
MAPI juga tetap fokus pada portofolio yang beragam, dengan mengakuisisi Toast Box pada bulan April, diikuti oleh peluncuran Vivaia di Thailand pada bulan Juni. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan MAPI untuk terus mengikuti perkembangan gaya hidup konsumen dan menghadirkan kurasi brand, produk, dan layanan yang tepat.
Selanjutnya: Amnesti Hastio-Abolisi Tom Lembong, Ini Kata Istana
Menarik Dibaca: Promo Es Krim Indomaret Periode 1-20 Agustus 2025, Wall’s Neopolitana Jadi Rp 17.000
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News