kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mirae Asset Sekuritas prediksi harga komoditas bakal kurang atraktif di pekan ini


Rabu, 17 Juni 2020 / 22:52 WIB
Mirae Asset Sekuritas prediksi harga komoditas bakal kurang atraktif di pekan ini
ILUSTRASI. Tarif Ekspor CPO Naik: Pekerja memanen kelapa sawit di Bogor, Senin (1/6). Per tanggal 1 Juni 2020 pemerintah menaikkan tarif ekspor kelapa sawit, CPO dan turunannya. Tarif Ekspor biji sawit dan CPO naik masing2 US$5 menjadi US$25 per ton dan US$55 per to


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga komoditas yang berada di bawah cakupan analisis Mirae Asset Sekuritas Indonesia diprediksi akan kurang menarik pekan ini. Berbagai sentimen global akan mempengaruhi pergerakan komoditas mulai dari batubara, emas, hingga crude palm oil (CPO).

Andy Wibowo Gunawan, Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia mengatakan, investor dapat kembali ke pendekatan jangka pendek karena harga komoditas yang loyo pekan ini.

Baca Juga: Emiten consumer goods jadi juara di sektor manufaktur, bagaimana prospeknya ke depan?

Namun, menurut Andy, meningkatnya kekhawatiran gelombang kedua infeksi Covid-19 akan menjadi satu-satunya upside risk harga emas global untuk minggu ini. Sementara downside risk akan datang dari pulihnya daya beli konsumen di Amerika Serikat (AS).

Untuk komoditas minyak, Andy memperkirakan harga minyak West Texas Intermediate (WTI) akan diperdagangkan mixed pekan ini karena adanya katalis dua sisi. Potensi kenaikan harga akan datang dari sisi pasokan (supply) sedangkan downside risk akan datang dari sisi permintaan.

Untuk harga batubara global, Andy memperkirakan harga emas hitam ini berpotensi melemah pekan ini.”Karena perkiraan naiknya persediaan batubara di 6 PLTU utama China dan perkiraan angka produksi crude steel Jepang yang menurun di bulan Mei,” tulis Andy dalam riset, Selasa (16/6).

Baca Juga: Harga minyak rendah, penerimaan PPh migas ambles 35,6%

Komoditas logam dasar (basic metal) seperti nikel dan timah akan diperdagangkan dua arah karena adanya katalis dua sisi. Potensi kenaikan harga akan berasal dari sisi supply sedangkan risiko penurunan harga akan datang dari sisi permintaan.




TERBARU

[X]
×