kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45795,33   3,48   0.44%
  • EMAS938.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.38%
  • RD.CAMPURAN 0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.08%

Mirae Asset Sekuritas depak INDF dan ICBP dari top picks, gara-gara akuisisi?


Selasa, 26 Mei 2020 / 20:02 WIB
Mirae Asset Sekuritas depak INDF dan ICBP dari top picks, gara-gara akuisisi?
ILUSTRASI. Ilustrasi INDF

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mirae Asset Sekuritas Indonesia mengumumkan perubahan daftar saham pilihan (top picks) untuk bulan ini. Kepala Riset Mirae Asset Sekuritas Hariyanto Wijaya menghapus saham PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) dari daftar saham pilihan bulan ini.

Sebagai gantinya, Mirae Asset memasukkan saham PT H.M Sampoerna Tbk (HMSP) dan saham PT Bukit Asam Tbk (PTBA). “Kami menyukai HMSP dan PTBA sebab memiliki latar belakang hasil dividen yang tinggi,” tulis Hariyanto dalam riset, Selasa (26/5).

HMSP akan membagikan dividen Rp 119,8 per saham dan memberikan imbal hasil dividen (dividen yield) 6,7% dengan ex-date 2 Juni 2020 mendatang. Sementara PTBA akan mengumumkan dividen per saham pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang rencananya digelar 10 Juni 2020.

Baca Juga: Ini proyeksi dampak akuisisi Pinehill terhadap kondisi keuangan Indofood CBP (ICBP)

Analis Mirae Asset berekspektasi PTBA akan membagikan dividen sebesar Rp 252 per saham (dengan mengasumsikan pembayaran dividen atau dividend payout ratio sebesar 75%). Adapun proyeksi dividend yield PTBA sebesar 13,1%.

Meski demikian, Hariyanto tidak menampik bahwa INDF dan ICBP cukup menarik saat ini. Sebab, kedua emiten ini memiliki ketahanan yang cukup baik selama masa perlambatan ekonomi saat ini. Hariyanto menghapus ICBP dan INDF dari daftar saham pilihan utama sampai ada kabar lebih lebih jelas tentang akuisisi Pinehill.

Asal tahu, ICBP meneken perjanjian rencana akuisisi dengan Pinehill Corpora Limited dan Steele Lake pada Jumat (22/5). Transaksi tersebut bernilai cukup fantastis, yakni US$ 2,99 miliar atau setara dengan Rp 44,25 triliun (dengan menggunakan acuan kurs Rp 14.800 per dolar AS).

Sebanyak US$ 300 juta akan menggunakan dana kas internal yang dihasilkan dari kegiatan usaha sementara sisanya akan dibiayai dari fasilitas pinjaman dari pihak ketiga.

Untuk bulan ini, saham-saham favorit Mirae Asset Sekuritas antara lain emiten barang konsumsi seperti PT Mayora Indah Tbk (MYOR) PT Unilever Indonesia Tbk ( UNVR), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) dan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk (SIDO).

Baca Juga: Pasar respons negatif akuisisi Pinehill, saham INDF dan ICBP anjlok

Mirae Asset juga merekomendasikan investor mencermati saham produsen rokok PT Gudang Garam Tbk (GGRM) dan HMSP. Saham emiten tambang seperti PTBA dan rumah sakit seperti PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) juga masuk dalam radar pilihan Mirae bulan ini.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×