kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mentorbaik Berikan Edukasi Terkait Peluang dan Jebakan di Bursa Saham


Minggu, 03 Maret 2024 / 19:48 WIB
Mentorbaik Berikan Edukasi Terkait Peluang dan Jebakan di Bursa Saham
ILUSTRASI. Pejalan kaki melintas dekat layar digital yang menampilkan pergerakan harga saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta (4/1/2024) . KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Saham adalah investasi berisiko tinggi. Nah, Mentorbaik kembali mengadakan acara edukasi saham, bagaimana memahami investasi saham secara holistik. Komunitas value investor yang memiliki platform berbasis aplikasi IOS dan Android serta web itu mengadakan edukasi tersebut agar seorang investor dapat membedakan antara peluang dengan jebakan di bursa yang kejam. 

Ada lima strategi yang menjadi topik utama. Pertama, selon investing. Ini adalah materi pembuka berupa pembentukan mindset berinvestasi jika hanya boleh memilih satu saham saja dalam portofolio Anda. Kedua, psikologi, bagaimana dan cara menggunakan psikologi sebagai pedoman manajemen portofolio saham. 

Ketiga, market story, mengenai seluk beluk dunia market maker dan berbagai untold/dark story yang pernah terjadi di pasar saham Indonesia. Keempat, financial shenanigans, mengenai studi kasus beserta contoh berbagai macam keanehan pada laporan keuangan perusahaan. Materi ini misalnya bagaimana sebuah perusahaan dengan berbagai rasio keuangan cemerlang dan rutin membagikan dividen bisa berakhir dalam kondisi default. 

Kelima. market cycle yang menjelaskan indikator makro yang perlu diperhatikan untuk mengetahui apakah pasar saham akan memasuki siklus baik atau siklus buruk.  “Acara Mentor Basecamp ini merupakan kali kedua kami adakan. Pesertanya 100 orang lebih, melebihi peserta dari batch pertama,” ujar Steven Rinaldy, Founder Mentorbaik, Sabtu (2/3).

Selain konten analisa dan edukasi, member juga bisa bertanya apa saja seputar investasi secara terbuka. Sehingga semuanya bisa saling berbagi dan belajar dari pengalaman masing-masing. 

Baca Juga: Meski Tahun Politik, Manajer Investasi Optimistis Dana Kelolaan Tetap Tumbuh
  
Komunitas ini lahir dari keprihatinan akibat fenomena investasi bodong dan banyaknya pompom influencer saham yang melanda masyarakat pada tahun 2022. Para pendiri membagi wawasan dan pengalaman yang dimiliki melalui sebuah komunitas Mentorbaik, yang akhirnya berkembang menjadi platform digital untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Di Mentorbaik, Anda juga bisa turut serta dalam webinar mengenai berbagai topik menarik antara lain market update, bedah emiten dan konsultasi. “Sebentar lagi akan ada launching fitur baru dimana member dapat ikut berpartisipasi untuk sharing informasi.

Sehingga harapannya Mentorbaik bisa menjadi perpustakaan data yang paling lengkap untuk investor menyelidiki potensi suatu emiten ataupun sektor industrinya,” ujar Tomy Hardiwidjaja, salah seorang mentor di Mentorbaik

Komunitas Mentorbaik saat ini merupakan salah satu komunitas value investor terbesar yang berisikan lebih dari 3.000 member aktif yang berisikan dari profil. Mulai dari investor berpengalaman, influencer saham, analis sekuritas hingga investor pemula.  "Bagi investor pemula, kami memiliki fitur Mentorbasic yang berisikan materi pembelajaran value investing dari awal," ujar Steven Rinaldy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×