kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,40   8,81   0.99%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menjelang Terbitnya Laporan Keuangan, Asing Net Buy GOTO, Ini Kata Analis


Senin, 29 April 2024 / 10:42 WIB
Menjelang Terbitnya Laporan Keuangan, Asing Net Buy GOTO, Ini Kata Analis
ILUSTRASI. Penggunaan aplikasi Tokopedia dengan latar belakang logo aplikasi TikTok di Jakarta (31/1/2024). PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengumumkan tuntasnya proses investasi TikTok senilai total Rp 34,22 triliun di Tokopedia. Dua pemain utama e-commerce ini mengawali kemitraan dengan kampanye Beli Lokal yang diluncurkan pada Desember 2023 silam. Program ini melibatkan ribuan merchant lokal dan mencatatkan pertumbuhan penjualan lebih dari 125% di kedua platform. (Foto Dok. GOTO)


Reporter: Ahmad Febrian, Nadya Zahira | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Asing terus mencatatkan net sell di Bursa Efek Indonesia (BEI). Namun, masih ada emiten emiten yang kedatangan asing, yakni  PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Data perdagangan  di BEI menunjukkan, asing net buy GOTO Rp 30,45 miliar sepanjang pekan lalu.

“Kecenderungannya asing melepas saham-saham big caps terutama banking yang sempat all-time high. Mereka kemudian masuk ke saham yang sudah underperformed yang secara valuasi menarik tetapi menunjukkan adanya prospek yang positif seperti GOTO,” kata Rizal Nur Rafly, analis Panin Sekuritas, dalam penjelasannya, Senin (29/4). 

Harga saham GOTO sendiri memang tertekan sepanjang 2024. Menurut Rizal,  ada peluang perbaikan dari sisi kinerja yang dimanfaatkan oleh para pemodal asing untuk rotasi dan rebalancing portofolio. 

GOTO sendiri akan merilis laporan keuangan untuk kuartal I 2024 hari ini Senin (29/4). Pelaku pasar menunggu pendapatan dari service fee Tokopedia Shop. Pendapatan ini tanpa harus mengeluarkan biaya. Selain service fee, pasar juga menantikan dampak hilangnya beban biaya Tokopedia terhadap beban operasional GOTO.   

Soal prospek kinerja di awal tahun ini, Niko Margaronis analis BRI Danareksa Sekuritas menyatakan GOTO berpotensi mencatatkan nilai transaksi alias gross transaction value (GTV) senilai hampir Rp 120 triliun dengan pendapatan bersih senilai Rp 2,8 triliun di kuartal I-2024. 

Baca Juga: Asing Paling Banyak Menadah Saham Ini di Tengah Penurunan IHSG Selama Sepekan

Dalam laporan riset, Niko juga merevisi naik prospek kinerja keuangan GOTO di kuartal I-2024. Niko menaikkan asumsi take rate dari 3,8% menjadi 3,9% serta estimasi marjin kontribusi yang lebih tebal. Ia memprediks,i GOTO dapat mengantongi margin kontribusi positif sebesar Rp 1,2 triliun dari sebelumnya Rp 925 miliar saja. 

Nah, pada kuartal I-2024 ini menjadi kali pertama GOTO merilis kinerja tanpa konsolidasi segmen e-commerce sebagai akibat dari transaksi investasi TikTok ke GOTO  yang resmi rampung pada akhir Februari lalu.

Equity Research Analyst Kiwoom Sekuritas Vicky Rosalinda memperkirakan, kinerja GOTO pada tahun 2024 ini dari sisi pendapatan dapat bertumbuh positif. Sedangkan dari sisi laba diprediksi masih mengalami kerugian.  "Tetapi GOTO masih memiliki potensi pemulihan kinerja dari beberapa strategi yang dapat menjadi sentimen positif,” ujar Vicky ke KONTAN, Kamis (25/4). 

Adapun strategi yang dapat menjadi sentimen positif, Vicky bilang, dengan cara meningkatkan frekuensi pengguna eksisting dan memperluas jangkauan pasar. Yakni melalui inovasi produk yang menjangkau konsumen dan memprioritaskan harga. Kemudian, meningkatkan monetisasi dan memperkuat fundamental perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×