kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menilik Tren Perusahaan yang akan IPO pada Kuartal IV 2022


Selasa, 11 Oktober 2022 / 22:42 WIB
Menilik Tren Perusahaan yang akan IPO pada Kuartal IV 2022
Menilik Tren Perusahaan yang akan IPO pada Kuartal IV 2022


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Jelang akhir tahun 2022, sejumlah perusahaan masih antre  melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Hingga akhir tahun, setidaknya ada tiga perusahaan yang sedang berproses initial public offering (IPO) atawa penawaran umum saham perdana.

Calon emiten tersebut, PT Jayamas Medica Industri yang bergerak di industri alat kesehatan, PT Wulandari Bangun Laksana yang bergerak di industri properti, dan PT Global Digital Niaga atau Blibli.com.

Equity Analyst Kanaka Hita Solvera Andhika Cipta Labora menilai emiten yang akan IPO di kuartal IV ini kenaikan harganya akan tertahan. "Karena adanya ancaman resesi," ujarnya kepada Kontan.co.id, Selasa (11/10).

Baca Juga: Program Saham Gotong Royong GoTO Masuk Daftar Fortune Change the World

Menilik secara historis, rata-rata perusahaan yang melantai di BEI cenderung lebih banyak yang memiliki harga di bahwa saat IPO. Pada tahun 2019, ada 17 perusahaan yang melantai di BEI selama kuartal IV dan hanya tujuh perusahaan yang mencatatkan kenaikan harga.

Lalu, pada 2020 dari lima perusahaan hanya dua yang berhasil mencatatkan kenaikan harga. Sedangkan pada tahun 2021 dari 15 perusahaan yang mencatatkan sahamnya dan hanya delapan yang mencatatkan kenaikan harga.

Apabila dibandingkan dengan saham-saham yang IPO di luar kuartal IV, kenaikan harga sahamnya juga terlihat masih di bawah. Ambil contoh, PT Cisarua Mountain Dairy Tbk (CMRY) saat IPO pada kuartal IV 2021 harganya Rp 3.080 dan saat ini menjadi Rp 4.380, lalu PT Bintang Samudera Mandiri Lines Tbk (BSML) saat IPO harganya Rp 117 dan saat ini menjadi Rp 825.

Sedangkan perusahaan yang IPO sebelum kuartal IV, seperti PT IndoInternet Tbk (EDGE) harga sahamnya saat ini sudah Rp Rp 21.675 daripada saat IPO di Rp 7.375. Lalu PT Berkah Beton Sadaya Tbk (BEBS) harga sahamnya melesat ke Rp 3.920 dibandingkan saat penawaran di Rp 100.

Baca Juga: Pasca Seperempat Abad, Bakrie Kini Akan Berbagi Kendali di BUMI dengan Grup Salim

Analis Investindo Nusantara Sekuritas Pandhu Dewanto juga memperkirakan IPO yang akan berjalan pada kuartal keempat ini masih akan seperti tahun-tahun sebelumnya. Kemungkinannya harga tidak akan terlalu tinggi kenaikannya.

Alasan utamanya, para fund manajer akan fokus melakukan window dressing untuk memperbaiki portofolio mereka pada saham-saham big caps. "Saham yang baru listing tentu belum begitu mendapat banyak eksposure dari para fund manajer," sebutnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×