kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Menguat di akhir pekan, IHSG tetap terkoreksi selama sepekan


Jumat, 09 Agustus 2019 / 19:09 WIB
Menguat di akhir pekan, IHSG tetap terkoreksi selama sepekan

Reporter: Irene Sugiharti | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil bertahan di zona hijau di perdagangan akhir pekan ini (9/8). IHSG menguat 0,12% ke level 6.282,13 pada Jumat (9/8). 

Hanya saja selama sepekan ini, IHSG turun 0,92%. Beragam sentimen mempengaruhi pergerakan IHSG di pekan ini.

Baca Juga: Sudah terkoreksi karena perang dagang, defisit neraca berjalan tak pengaruhi IHSG

Kepala Riset Reliance Sekuritas Lanjar Nafi menuturkan,  pada awal pekan IHSG tertekan sentimen tensi perang dagang yang kembali memanas sehingga sempat terkoreksi cukup dalam dan berada di level 6.175, 703 dan 6119,471 pada perdagangan Senin dan Selasa pekan ini.

Setelah itu, IHSG dihantam dengan sentimen perang mata uang setelah tuan terdepresiasi 2%. Namun menjelang akhir pekan, IHSG berhasil rebound menyusul meredanya kekhawatiran pasar setelah People’s Bank of China menyatakan tidak melakukan devaluasi yuan untuk membalas Amerika Serikat (AS) dalam perang dagang. Dengan sentimen positif ini, IHSG berhasil kembali menguat hingga akhir perdagangan pekan ini.

Baca Juga: IHSG ditutup menguat 0,12% ke level 6.282,13 pada perdagangan, Jumat (9/8)

Analis Bina Artha Sekuritas Muhammad Nafan Aji melihat pada perdagangan Jumat (9/8), pasar dipengaruhi sentimen meredanya perang dagang AS-China dan adanya rencana pertemuan bilateral antara AS- Tiongkok di Washington dalam rangka renegosiasi perang dagang yang akan dilakukan bulan depan.

Pekan depan, Lanjar melihat, sentimen yang mempengaruhi pasar di pekan ini masih akan berlanjut, ditambah data terbaru inflasi AS dan respons pasar terhadap data terbaru neraca transaksi berjalan Indonesia yang meningkat. Lanjar memproyeksikan, pada pekan  IHSG akan berada di level 6.260 – 6.430.

Baca Juga: BI optimistis dana asing tetap mengalir ke pasar domestik dalam jangka panjang

Sementara Nafan Aji melihat pekan depan IHSG masih akan dipengaruhi sentimen perang dagang maupun currency war. Minimnya sentimen positif dari domestik dan risiko perlambatan pertumbuhan ekonomi global juga menjadi sentimen yang akan mempengaruhi perdagangan pekan depan. Nafan memproyeksikan IHSG akan berada di level 6.100-6.400 dengan kecenderungan koreksi di pekan depan.




TERBARU

Close [X]
×