kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,25   4,56   0.46%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengekor Bursa Regional, IHSG Dibuka Naik 0,20% untuk Reli 2 Hari pada Jumat (4/8)


Jumat, 04 Agustus 2023 / 09:29 WIB
Mengekor Bursa Regional, IHSG Dibuka Naik 0,20% untuk Reli 2 Hari pada Jumat (4/8)
ILUSTRASI. Karyawan melihat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di layar monitor di Bursa Efek Indonesia, Jakarta,


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan penguatannya pada perdagangan akhir pekan, Jumat (4/8). Mengutip RTI pukul 09.13 WIB, indeks naik 0,20% ke level 6.911,971.

Tercatat 239 saham naik, 155 saham turun, dan 212 saham stagnan. Total volume 2,2 miliar saham dengan nilai transaksi capai Rp 881 miliar.

Sebanyak 10 indeks sektoral menopang laju IHSG pada perdagangan pagi. Tiga sektor teratas antara lain yakni IDX-Energy 0,80%, IDX-Industrial Classification 0,76%, dan IDX-Consumer Cyclical 0,58%.

Baca Juga: Rekomendasi Saham Pilihan dari Ajaib Sekuritas, Jum'at (4/8): IMAS, ADMR, dan BBKP

Saham-saham top gainers LQ45:

- PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) naik 4,21%

- PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) naik 2,97%

- PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) naik 2,34%

Saham-saham top losers LQ45:

- PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) turun 2,26%

- PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) turun 1,74%

- PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) turun 1,33%  

Baca Juga: Cek Rekomendasi Teknikal Saham BSDE, ELSA, DRMA dan MAPA untuk Jum'at (4/8)

 

Sementara itu, saham-saham Asia juga naik pada hari ini. Sedangkan, dolar turun dari puncaknya selama satu bulan karena para investor mencermati sejumlah data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang menunjukkan pasar tenaga kerja yang tangguh menjelang laporan gaji non-pertanian yang akan dirilis hari ini.

Indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,46% setelah turun 2,3% pada hari Kamis (3/8). Indeks Nikkei Jepang berombak dan terakhir naik 0,1%.

"Ekuitas Asia menghadapi kondisi perdagangan yang menantang pada hari Jumat," kata analis pasar Anderson Alves di ActivTrades, menunjuk pada lingkungan yang penuh dengan risiko setelah Fitch menurunkan peringkat utang AS sebanyak satu tingkat pada awal minggu ini.

"Perubahan ini telah menambah gejolak ekstra untuk aset-aset berisiko di Asia," kata Alves.

Saham-saham blue-chips China dibuka naik 0,7%. Sementara Indeks Shanghai Compossite naik 0,5%. Indeks acuan Hong Kong, Hang Seng, melonjak 1,3% pada pembukaan perdagangan.

Gubernur bank sentral China berjanji pada hari Kamis untuk mengarahkan lebih banyak sumber daya keuangan ke arah ekonomi swasta, mengindikasikan urgensi baru dari pihak berwenang untuk meningkatkan sentimen bisnis karena momentum ekonomi melemah.

Semalam, saham-saham AS ditutup sedikit berubah setelah sesi perdagangan yang berombak. Para investor mempertimbangkan kenaikan imbal hasil US Treasury dengan data ekonomi dan pendapatan terbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×