kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menebak pergerakan IHSG pekan depan menyambut hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI


Minggu, 15 November 2020 / 18:24 WIB
Menebak pergerakan IHSG pekan depan menyambut hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI
ILUSTRASI. Investor memantau perdagangan saham di Jakarta, Jumat (13/11/2020).


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) akan berlangsung pada 18 November hingga 19 November 2020 mendatang. Beberapa analis memproyeksi BI bakal mempertahankan suku bunga acuan dalam RDG bulanan kali ini.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee memperkirakan BI akan mempertahankan suku bunga angka 4%. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan ke depan BI masih ada ruang penurunan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) pada Rapat Kerja Komisi XI DPR RI, namun penurunan suku bunga ini tentu dengan memantau perkembangan ekonomi global dan domestik.

Sebelumnya, pada Juli 2020 BI-7 Days Reverse Repo Rate (BI7DRR) diturunkan sebesar 25 basis poin (bps), dari 4,25% menjadi 4%. Keputusan itu menjadi penurunan suku bunga yang keempat sepanjang tahun tahun setelah BI memangkas suku bunga pada Februari, Maret, dan Juni 2020 dengan besaran masing-masing 25 bps.

Menurut Hans, keputusan pemangkasan suku bunga jadi 4% ini sejalan dengan kebutuhan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, serta untuk mempertimbangkan rendahnya tekanan inflasi dan relatif stabilnya nilai tukar rupiah.

Baca Juga: Mayoritas kinerja pemainnya tertekan, simak rekomendasi saham emiten batubara berikut

Hal serupa juga disampaikan oleh Analis Pilarmas Invesntindo Sekuritas Okie Ardiastama. Ia mengungkapkan, saat ini BI tentunya akan mempertimbangkan indikator makro.

Inflasi yang masih rendah dinilai menjadi alasan dimana BI tetap mempertahankan suku bunga. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, inflasi pada bulan Oktober 2020 sebesar 0,07% ketimbang bulan sebelumnya.

“Kami melihat pelaku pasar juga berharap BI belum menaikkan suku bunga, terlebih saat ini beberapa sektor seperti properti berharap suku bunga yang rendah dapat menarik minat masyarakat dalam pembelian properti,” katanya pada Kontan, Minggu (16/11).

Hanya saja Okie berharap, apapun kebijakan BI nantinya dapat mendukung pasar keuangan.

Baca Juga: Kinerja mayoritas emiten batubara melemah di kuartal ketiga

Head of Research Analyst FAC Sekuritas Wisnu Prambudi Wibowo pun berpendapat BI akan mempertahankan tingkat suku bunga hingga tutup tahun 2020 di 4%, hal ini sejalan dengan harapan pelaku pasar. Ia memandang, keputusan suku bunga acuan BI ini tidak akan memberikan dampak yang signifikan terhadap pergerakan IHSG ke depannya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×