kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menanti Tuah Prajogo Pangestu ke Saham PTRO, Bagaimana Rekomendasi Sahamnya?


Kamis, 08 Februari 2024 / 06:45 WIB
Menanti Tuah Prajogo Pangestu ke Saham PTRO, Bagaimana Rekomendasi Sahamnya?
ILUSTRASI. PT Petrosea Tbk PTRO


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Belum lama melantai di Bursa Efek Indonesia, emiten Batubara milik taipan Prajogo Pangestu, yakni PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) terus melebarkan gurita bisnisnya di tanah air.

Terbaru, CUAN akan mencaplok saham emiten kontraktor tambang batubara kenamaan tanah air, yakni PT Petrosea Tbk (PTRO).

Rencananya, CUAN akan membeli 342,92 juta saham PTRO. Jumlah ini mewakili kurang lebih 34% dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam PTRO. Nilai pembelian saham PTRO oleh CUAN mencapai Rp 940 miliar.

Setelah akuisisi, CUAN melalui anak usahanya, yakni PT Kreasi Jasa Persada akan menjadi pengendali baru PTRO. Langkah CUAN untuk menjadi pengendali baru PTRO juga tinggal selangkah lagi. CUAN hanya perlu memperoleh persetujuan rapat umum pemegang saham (RUPS) yang akan digelar bulan ini.

Baca Juga: Walau Mulai Melandai, Saham Emiten Grup Barito Dinilai Masih Mahal

Berkaca pada tangan ajaib Prajogo Pangestu, Kepala Riset Kiwoom Sekuritas Indonesia Sukarno Alatas menilai saham PTRO bisa saja berpotensi untuk naik tinggi juga, mengikuti jejak saham lainnya seperti CUAN dan PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN).

Asal tahu saja, CUAN dan BREN sukses menjadi market movers Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tahun lalu seiring dengan lonjakan harga sahamnya.

Sukarno menilai, PTRO sudah memiliki sepak terjang dan pengalaman yang baik, serta memiliki fundamental yang bagus.

“Valuasi yang tergolong menarik, tidak menutup peluang untuk bisa meningkat tinggi, hanya saja volatilitas harga pasti tetap ada,” kata Sukarno kepada Kontan.co.id, Selasa (6/2).

Menurut Sukarno, terlepas dari latar belakang pihak yang mengakuisisi, jika perusahaan mampu menghasilkan kinerja yang bagus, peluang sahamnya untuk naik tinggi akan semakin besar.

 

Baca Juga: Emiten Prajogo Pangestu Masih Merajai Bursa

Senada, Head of Investment Reswara Gian Investa Kiswoyo Adi Joe menilai, akuisisi saham PTRO oleh CUAN juga berdampak positif terhadap sahamnya. Terlebih, nantinya bisnis PTRO akan diintegrasikan satu atap dengan CUAN sebagai penambang batubara.

Terhadap saham PTRO, Sukarno menilai investor bisa melakukan trading buy di level Rp 5.550 - Rp 6.000, dengan level support di Rp 4.930.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×