kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Memasuki Lebaran dan suhu politik mereda, IHSG terdongkrak 0,41%


Jumat, 24 Mei 2019 / 20:30 WIB

Memasuki Lebaran dan suhu politik mereda, IHSG terdongkrak 0,41%


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Jumat (24/5), melanjutkan pergerakan positif dengan kenaikan 0,41% ke level 6.057,35. IHSG akhirnya kembali berada di level 6.000 setelah sebelumnya sempat menyentuh level terendah pada tahun ini di 5.767.

Menanggapi kondisi ini, Analis Panin Sekuritas, William Hartanto mengatakan, IHSG berhasil menguat karena sentimen dari aksi yang terjadi pada 21 dan 22 Mei 2019 lalu sudah berhasil terkendali pascarekapitulasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).


“Memasuki libur Lebaran masih ada potensi menguat terbatas hingga pekan depan. IHSG pada hari Senin diprediksi kembali menguat di rentang 6.000 sampai 6.065,” ujar William kepada Kontan.co.id, Jumat (24/5). Menurutnya, untuk pekan depan IHSG akan dihadapi dengan aksi ambil untung sebelum masuk hari raya Lebaran.

Analis Binaartha Sekuritas, Muhammad Nafan Aji mengatakan, pekan ini tekanan kepada IHSG cukup berat baik dari global perang dagang dan domestik dari gejolak politik dan laporan hasil neraca perdagangan yang masih defisit. Kendati demikian, Nafan menilai di akhir pekan ini IHSG berhasil menguat karena peran pemerintah yang baik dalam menjaga stabilitas yang mengangkat kepercayaan diri investor.

Pihaknya pun menggarisbawahi beberapa sentimen yang akan hadir ke depan seperti dari kelanjutan kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve, perang dagang dan keputusan Britania Raya untuk keluar dari Uni Eropa. “Pekan depan IHSG masih akan ada potensi aksi beli yang akan memberikan stimulus. IHSG diprediksi akan ada di rentang 5.827 dan 6.238,” ujar Nafan.


Reporter: Yoliawan H
Editor: Wahyu Rahmawati

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×