kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Investor kembali yakin, IHSG menguat


Kamis, 23 Mei 2019 / 21:14 WIB
Investor kembali yakin, IHSG menguat

Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah kemarin tak berdaya melawan sentimen eksternal dan internal, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari kembali menguat. Kamis (23/5), IHSG ditutup menguat 1,57% di level 6.032,70.

Kepala Riset Bahana Sekuritas, Lucky Ariesandi mengatakan pencapaian IHSG menunjukkan kembalinya kepercayaan investor terhadap bursa saham. Ia menegaskan investor domestik hanya memanfaatkan saat valuasi indeks terlihat sudah turun jauh dari level normalnya, makanya saat ini mereka masuk lagi.


Tak dipungkiri, kata Lucky, kisruh politik yang terjadi kemarin lebih membuat khawatir investor asing, sehingga aliran dana asing yang masuk berkurang. Akan tetapi, besok adalah batas waktu pengajuan gugatan terkait hasil Pilpres ke Mahkamah Konstitusi (MK).” Jika tidak terjadi apa-apa maka IHSG bisa menguat besok,” kata Lucky, Rabu (23/5).

Tak diam begitu saja, pemerintah juga ikut meredam suasana politik yang memanas. Sekalipun besok ada potensi kembali terjadi aksi, ia mengatakan kalau Presiden Jokowi akan meredam dengan mengambil sikap tegas. Sementara untuk jangka panjang, inflow asing dapat kembali pulih setela lebaran. Ia menegaskan secara siklus pada Mei-Juni, IHSG melemah terlihat dari aliran dana asing.

Nah, sampai dengan akhir tahun ia optimistis IHSG bisa melambung di level 6.800. Sejalan dengan kebijakan Jokowi, sektor perbankan, konstruksi, dan semen akan menjadi sektor yang berkinerja dengan baik.


Tag


TERBARU

Close [X]
×