kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45790,50   -3,71   -0.47%
  • EMAS995.000 -1,19%
  • RD.SAHAM 0.22%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.23%

Melihat sentimen yang mendorong saham-saham perbankan lapis kedua menguat


Rabu, 08 Juli 2020 / 06:35 WIB
Melihat sentimen yang mendorong saham-saham perbankan lapis kedua menguat
ILUSTRASI. Karyawan melayani nasabah di Kantor Cabang Pembantu (KCP) Maybank Kalibesar, Jakarta usai peresmian kembali, Kamis (6/9). KCP Maybank Kalibesar merupakan cabang yang beroperasi saat bank didirikan pada tahun 1959. Dengan beroperasinya kembali KCP Maybank

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada perdagangan hari ini, Selasa (7/7), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,04% ke level 4.987,082. Dalam sebulan perdagangan, IHSG telah melemah 0,95%.

Meski demikian, saham-saham perbankan dengan kapitalisasi pasar kecil berhasil menguat di tengah koreksi yang menimpa IHSG. Saham PT Bank Jago Tbk (ARTO) misalnya, dalam sebulan perdagangan berhasil melesat 191,46%.

Saham PT Bank Harda Internasional Tbk (BBHI) pun demikian, menguat 126,67% dalam sebulan. Dalam sepekan saja, saham BBHI menguat 115,19%.

Baca Juga: BRI dan BNI bakal bantu Kookmin susun direksi Bukopin? Ini kata OJK

Saham PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) hari ini menguat 14,14% ke level Rp 452 per saham. Dalam sepekan perdagangan, saham BRIS menguat 46,75%. Jika ditarik selama sebulan, saham anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) ini menguat 43,95%.

Saham bank milik Pemerintah provinsi Jawa Timur, yakni PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tb k (BJTM) juga menguat 6,86% dalam sebulan perdagangan.

Lalu, apa yang membuat saham-saham perbankan lapis kedua ini menguat di tengah melemahnya IHSG?

Analis Sucor SekuritasHendriko Gani membenarkan, saham-saham perbankan seperti ARTO, AMAR dan BRIS memang sedang mengalami kenaikan volume transaksi selama beberapa hari terakhir. Namun khusus untuk saham ARTO, Hendriko melihat sudah mulai mengalami penurunan transaksi kembali.

Sedangkan untuk saham AMAR per penutupan sesi 1 hari ini  telah membentuk pola candle shooting star yang merupakan indikasi candle pembalikan arah.

Baca Juga: Doa mantan Dirut BEI jadi viral, Tito: Ini reminder di dalam doa

“Sedangkan saham BRIS sedang berusaha menembus resistance-nya pada kisaran Rp 444- Rp 446 dan jika berhasil menembus level ini, masih ada potensi melanjutkan penguatan,” ujar Hendriko, kepada Kontan.co.id, Selasa (7/7).

Saham entitas BBRI lainnya, yakni PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (AGRO) juga menguat  11,85% dalam sebulan. Menurut Hendriko, saat ini saham AGRO sedang breakout dari resistance konsolidasinya di level Rp 1.44. Level resistance selanjutnya  adai di level Rp 170- Rp 171.  

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×