kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Melantai di bursa hari ini (8/9), simak kinerja Global Sukses Solusi (RUNS)


Rabu, 08 September 2021 / 13:36 WIB
Melantai di bursa hari ini (8/9), simak kinerja Global Sukses Solusi (RUNS)
ILUSTRASI. Pencatatanan perdana saham PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) di Bursa Efek Indonesia.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Global Sukses Solusi Tbk resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Rabu (8/9). Perusahaan informasi dan teknologi itu tercatat di Papan Akselerasi dengan kode saham RUNS

Perusahaan yang berdiri tahun 2014 itu mengawali bisnisnya dari keikutsertaannya dalam Program Indigo Startup Incubator yang diselenggarakan oleh Telkom. Tiga tahun kemudian, tepatnya pada 2017, untuk pertama kali Global Sukses Solusi menerapkan Run System di perusahaan BUMN. Produk RUNS pun terus berkembang dengan tambahan produk iKas dan Run iProbe (HR Cloud Platform).

Manajemen mengungkapkan, produk-produk RUNS  memiliki beberapa keunggulan kompetitif. Pertama, produknya memungkinkan untuk dikostumisasi dan dapat menyesuaikan kebutuhan pelanggan. 

Kedua, harga yang kompetitif jika dibandingkan perusahaan sejenis dan para pemain global lainnya di industri Enterprise Resource Planning (ERP). 

Ketiga, kualitas after sales service yang baik terlebih pada kondisi pandemi Covid-19, mobilisasi tim support dan maintenance tidak terkendala karena semua sumber daya berasal dan berada di dalam negeri.

Baca Juga: Mulai proses IPO, Global Sukses Solusi incar dana Rp 49 miliar

Seiring dengan perkembangan usaha yang tercermin dari penambahan sejumlah produk, Direktur Keuangan PT Global Sukses Solusi Tbk Nizar mengungkapkan, kinerja operasional RUNS turut menunjukkan pertumbuhan. 

Per Desember 2020, pendapatan usaha RUNS meningkat Rp 16,87 miliar atau naik 300,37% dibandingkan tahun 2019. Tercatat, pendapatan usaha RUNS mencapai Rp 22,49 miliar akhir tahun lalu, naik dari Rp 5,61 miliar di akhir tahun 2019.

"Kenaikan tersebut terutama disebabkan oleh peningkatan penjualan RUN System kepada pihak berelasi yaitu PT Metranet," jelasnya dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Rabu (8/9). 

Adapun capaian laba bersih tahun berjalannya terkerek 272,73% year on year (yoy) menjadi Rp 7,7 miliar. Pada tahun 2019, laba bersih RUNS dibukukan Rp 2,06 miliar. EBITDA-nya juga melonjak dari 61,48% pada tahun 2019 menjadi 387,15% pada tahun 2020. 

Nizar mengungkapkan, peningkatan laba tersebut utamanya disebabkan oleh pertumbuhan pendapatan. Adapun terkereknya pendapatan seiring dengan peningkatan nilai kontrak yang diperoleh perseroan. 

Sebelumnya sempat diungkapkan kepada Kontan, RUNS optimistis kinerjanya masih akan bertumbuh ke depan. Hingga akhir tahun 2021, RUNS membidik pendapatan menyentuh tiga digit. 

" Akan triple digit di atas Rp 100 miliar," ujar Nizar beberapa waktu lalu. 

Baca Juga: Tercatat di papan akselerasi, Global Sukses Solusi (RUNS) resmi melantai di bursa

Per Mei 2021, RUNS membukukan pendapatan usaha Rp 176,19 juta. Manajemen tetap optimistis pendapatan tiga digit akan tercapai karena secara historis pendapatan perusahaan baru akan dicatatkan di semester II. 

Di sisi lain, RUNS tengah dalam proses mendapatkan kontrak baik dari pengguna eksisting maupun pipeline calon pengguna. Kinerjanya juga akan ditopang oleh upaya perusahaan menambah partner distribusi. 

Ke depan, RUNS akan lebih fokus pada beberapa sektor dilayani, salah satunya industri manufaktur melalui kawasan industri. Potensi kawasan  industri dinilai besar karena dalam satu kawasan industri bisa terdapat lebih dari 1.000 tenan. 

Dalam waktu dekat RUNS akan ekspansi ke salah satu kawasan industri di Jabodetabek. Asal tahu saja, sejauh ini pihaknya sudah berkolaborasi dengan tiga kawasan industri yang tersebar di Indonesia. 

Selanjutnya: Perkuat layanan digital, Telkom jalin kerjasama dengan Microsoft Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×