kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Media Nusantara Citra (MNCN) fokus kembangkan bisnis konten dan digital


Rabu, 01 September 2021 / 14:35 WIB
Media Nusantara Citra (MNCN) fokus kembangkan bisnis konten dan digital
ILUSTRASI. Media Nusantara Citra (MNCN) fokus mengembangkan bisnis konten dan digital.


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) membukukan pendapatan sebesar Rp 4,86 triliun pada semester pertama tahun ini atau naik 23% dari periode sama tahun lalu.

Sejalan dengan itu, laba bersih MNCN juga meningkat 26% menjadi Rp 1,26 triliun pada semester 1-2021. “Kami telah melewati semester I-2021 dengan luar biasa tahun ini, dengan kinerja yang solid dimana kami menghasilkan free cash flow yang kuat,” ujar Hary Tanoesoedibjo, Executive Chairman of MNC Group, Rabu (1/9).

Hary menerangkan, MNCN memiliki bisnis TV FTA yang kokoh dan diharapkan terus berkembang di tahun-tahun mendatang. Terlebih jika melihat peluang bisnis konten dan digital yang meilupti dua pilar inti MNCN.

Ia bilang, bisnis konten dan digital ini bakal menjadi fokus MNCN ke depannya. Hary menambahkan, permintaan dan minat pada konten MNCN terus mengalami peningkatan yang signifikan di berbagai platform, baik dari dalam maupun luar negeri. Sehingga, perusahaan ini memiliki harapan kedua bisnis ini bisa terus bertumbuh ke depannya.

“RCTI+ dan pengembangan terbaru kini bisnis kami di esports dan bisnis terkait game juga menunjukan potensi yang sangat baik. Saya akan terus memimpin pengembangan bisnis kami yang berkelanjutan di tengah perkembangan ruang lingkup media yang lebih luar saat ini,” ujarnya.

Baca Juga: Media Nusantara Citra (MNCN) merombak jajaran komisaris dan direksi

Dari lini pemrograman sendiri, secara konsisten menghasilkan peningkatan substansial pada pangsa pemirsa untuk 4TV FTA. MNCN telah mengalami peningkatan yang signifikan pada pangsa pemirsa prime time-nya dari tahun ke tahun dengan meraih 36,6% pada Juli 2020 hingga mencapai 56% pada Juli 2021, yang pada akhirnya memperluas pangsa pasar belanja iklan FTA nasional ke 48% pada kuartal II-2021.

Hary melanjutkan, seluruh konten lokal yang disiarkan merupakan konten yang diproduksi sendiri, sehingga memungkinkan MNCN untuk menempatkan iklan di dalam konten, dalam bentuk built-in dan/atau iklan virtual, yang pada akhirnya memperluas inventory iklan setiap harinya.

Selanjutnya, RCTI+ telah mencapai 39,8 juta MAU pada Juli 2021 melampaui pencapaian pada periode yang sama di tahun lalu yaitu 9,5 juta MAU.

Hal ini mencerminkan tingkat pertumbuhan yang luar biasa dengan menorehkan tingkat pertumbuhan lebih dari 4x dalam 12 bulan terakhir.

Sepanjang tahun 2021, MNCN juga telah menambahkan 3 portal baru melalui idxchannel.com (pasar modal, keuangan, bisnis, dan ekonomi), celebrities.id (entertainment) dan sportstars. id (olahraga).

“Hal ini menempatkan operasional portal online MNCN bertambah menjadi 6 portal, yang berfokus pada segmen kategori pemberitaan yang berbeda, serta pada saat yang sama memberikan solusi yang beragam untuk penargetan audiens pengiklan Perseroan,” imbuh Hary.

 

Selanjutnya: Media Nusantara Citra (MNCN) akan tebar dividen Rp 120,4 miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×