kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Maybank Kasih Nilai Tinggi untuk ESG GoTo: di Atas Rata-rata


Jumat, 17 November 2023 / 09:38 WIB
Maybank Kasih Nilai Tinggi untuk ESG GoTo: di Atas Rata-rata
ILUSTRASI. Electrum


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Perusahaan sekuritas milik grup keuangan asal Malaysia, Maybank Sekuritas Indonesia, memberikan nilai tinggi untuk skor lingkungan, sosial, dan tata kelola atau ESG (environmental, social, governance) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

Berdasarkan riset terbaru 15 November 2023, skor ESG GOTO mencapai 58, di atas skor rata-rata standar Maybank Investment Bank Group (MIBG)-ESG Sustainability Research yaitu 50.

Menurut analis riset Maybank Sekuritas, Etta Rusdiana Putra, skor ini diperoleh dari tiga parameter perhitungan yakni kuantitas (bobot penilaian 50%) skornya 33, kualitas (bobot 25%) skornya 67, dan parameter target (bobot 25%) skornya 100.

Untuk kategori penilaian kuantitas, hal-hal yang menjadi penilaian ialah intensitas penurunan emisi, konsumsi energi, berapa persen kendaraan rendah karbon, pengelolaan sampah, persentase pekerja perempuan di perusahaan dan manajemen, jumlah merchant UMKM, kepuasan pelanggan, dan komitmen privasi serta data pelanggan.

Sementara itu, untuk kualitatif, beberapa penilaian di antaraya tersedianya komite ESG, adanya gugus tugas ESG dan perubahan iklim, mekanisme pencatatan emisi, strategi utama mitigasi karbon, dan pengelolaan limbah.

Adapun parameter penilaian untuk kategori target, diberikan skor 100 (dengan bobot 25%) dengan penilaian adanya tiga komitmen GOTO pada tahun 2030, yakni “the Three Zeros” (Tiga Nol), yaitu Zero Emissions (Nol Emisi Karbon), Zero Waste (Nol Sampah), dan Zero Barriers (Nol Hambatan).

Etta mengatakan, skor kualitatif GOTO sebesar 67 mencerminkan kebijakan ESG perusahaan yang baik, dengan membentuk fungsi keberlanjutan di bawah Direktur Unit Bisnis, mulai dari Bisnis On-Demand Services (Gojek), E-Commerce (Tokopedia), dan Fintech (GoTo Financial). 

Selain itu, GOTO juga dinilai mampu menerapkan strategi ESG yang baik, seperti merilis kendaraan listrik (electric vehicle) roda dua untuk mendukung target nol emisi pada 2030, menggunakan karton bekas di gudang, dan menawarkan program literasi keuangan kepada para pengemudinya. GOTO juga sudah menggunakan motor listrik untuk mencapai target nol emisi.

“GOTO adalah perusahaan teknologi paling terintegrasi di Indonesia. Driver GOTO memakai kendaraan dengan ICE/internal combustion engine [mesin pembakaran dalam]. Beralih ke kendaraan listrik akan menaikkan skor ESG GOTO. Perusahaan juga sudah memperkenalkan motor listrik,” kata Etta.

Rekomendasi Beli

Dengan skor ESG yang di atas rata-rata penilaian Maybank, sekuritas ini memasukkan saham GOTO sebagai salah satu saham pilihan dalam jangka panjang.

Sumber: Maybank Sekuritas Indonesia

Maybank memberikan rekomendasi beli dengan target harga (target price/TP) Rp 110/saham dalam 12 bulan ke depan.

Level ini naik 36% dari harga saham GOTO pada penutupan perdagangan 14 November 2023 di Rp 81. Target harga ini pun sama dengan target dalam riset sebelumnya.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), dalam sepekan terakhir perdagangan, saham GOTO melejit 15% di Rp 86/saham per 16 November dan dalam sebulan saham induk usaha Gojek, Tokopedia, GoTo Financial (GTF), dan GoTo Logistics melesat 34% dengan kapitalisasi pasar (market cap) Rp 103 triliun, atau kembali ke posisi saham big cap.

Etta menegaskan, meskipun GOTO mencatat kenaikan emisi dalam Scope 1, 2, dan 3 dalam penilaian kualitas, tapi GOTO punya komitmen menjadi perusahaan yang lebih ramah lingkungan, melalui komitmen Tiga Nol di tahun 2030.

“[Sebab itu] kami mempertahankan rekomendasi beli dengan target harga Rp 110 berdasarkan valuasi SOTP [sum-of-the-parts] yang diperoleh dari penilaian EV/sales. Target harga kami menyiratkan 1 kali P/BV [price to book value] estimasi full year 2025,” tulis Etta, dalam riset terbaru, dikutip Jumat (17/11/2023).

SOTP merupakan proses menghitung valuasi emiten di Bursa dengan menentukan seberapa nilai agregat divisinya.

Dalam pandangan Maybank, tulis Etta, GOTO telah menetapkan target yang baik untuk menjadi perusahaan yang lebih ramah lingkungan karena mencatatkan skor keseluruhan sebesar 58, berdasarkan MIBG-ESG.

“Kami yakin GOTO dapat lebih meningkatkan skornya dengan meningkatkan pengungkapannya dan terus menerapkan strategi ESG yang telah diadopsi. Kami mempertahankan rekomendasi beli saham GOTO.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×