kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.504.000   5.000   0,33%
  • USD/IDR 15.932   28,00   0,18%
  • IDX 7.246   -68,22   -0,93%
  • KOMPAS100 1.110   -11,46   -1,02%
  • LQ45 880   -11,76   -1,32%
  • ISSI 222   -0,92   -0,41%
  • IDX30 452   -6,77   -1,48%
  • IDXHIDIV20 545   -7,80   -1,41%
  • IDX80 127   -1,32   -1,03%
  • IDXV30 136   -1,06   -0,77%
  • IDXQ30 150   -2,29   -1,50%

Matahari Department Store (LPPF) Akan Buka Minimal 10 Gerai Tahun Ini


Minggu, 06 Maret 2022 / 15:27 WIB
Matahari Department Store (LPPF) Akan Buka Minimal 10 Gerai Tahun Ini
ILUSTRASI. Matahari Department Store (LPPF) berencana menambah minimal 10 gerai baru di tahun 2022.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) berencana menambah minimal 10 gerai baru di tahun 2022. Penambahan gerai tersebut termasuk gerai signature baru yang sedang dibangun di Taman Anggrek, Jakarta dan Plaza Ambarukmo, Yogyakarta.

"Pengerjaan konsep format baru juga sedang berjalan dan Perseroan hampir menyelesaikan format baru di Supermal Karawaci Tangerang," sebut manajemen LPPF seperti yang dikutip dalam keterangan pers, Rabu (2/3).

Asal tahu saja, hingga akhir tahun 2021 LPPF mengoperasikan total 139 gerai di 77 kota di seluruh Indonesia. Tahun lalu, LPPF menambah tiga gerai baru yang terletak di Balikpapan (Kalimantan Timur), Batam (Kepulauan Riau), dan Cianjur (Jawa Barat).

Dalam paparan yang diunggah di keterbukaan informasi juga dijelaskan, LPPF berniat membuka 12-15 gerai baru per tahun dalam waktu dekat hingga menengah. Pembukaan minimum 10 gerai di tahun 2022 merupakan langkah awal.

Baca Juga: Prospek Ramayana Lestari (RALS) Kena Efek Melemahnya Daya Beli Kelas Bawah

LPPF optimistis outlook di tahun 2022 ini akan lebih baik. Sebab, puncak omicron di Jakarta sudah dilewati dan secara nasional telah membaik sehingga memberikan kesempatan perdagangan Lebaran secara penuh dan tidak terganggu.

Di sisi lain, tingkat kunjungan ke mal berbalik positif pasca penyebaran omicron. Pakaian untuk travel dan pakaian formal/acara khusus menjadi lebih relevan. Adapun kebangkitan ritel fesyen yang terjadi di Amerika Serikat, Eropa, dan lainnya masih diharapkan di 2022.

Dalam lima tahun ke depan, LPPF akan memperkuat Matahari sebagai peritel spesialis pakaian dan kecantikan di Indoneisa dengan jangkauan terluas, berlokasi strategis, dan efektif dalam biaya untuk melayani keluarga berpenghasilan menengah.

"Dengan jaringan yang sangat kuat di Jabodetabek, kota-kota Tier 1, dan memanfaatkan potensi ruang kosong tertinggi seluruh Indonesia," tulis LPPF.

Sekadar informasi, sepanjang tahun 2021 LPPF mencetak penjualan di atas ekpektasi. Penjualan kotor LPPF naik 19,6% year on year (yoy) menjadi Rp 10,3 triliun. Adapun Same Store Sales Growth (SSSG) LPPF sepanjang tahun lalu 45% lebih rendah dibanding SSSG tahun 2019. Kondisi ini tidak lepas dari tingkat kunjungan mal yang 43% lebih rendah dibanding tahun 2019.

Catatan yang apik itu mengerek pendapatan bersih dan laba bersih LPPF sepanjang tahun 2021. Dalam laporan keuangannya, di tahun lalu LPPF membukukan pendapatan bersih hingga Rp 5,58 triliun naik 15,52% yoy dari Rp 4,83 triliun. Sementara, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat Rp 912,85 miliar, dari tahun 2020 yang merugi hingga Rp 873,18 miliar.

Baca Juga: Matahari Department Store (LPPF) Menyiapkan Dana Rp 500 Miliar Untuk Buyback Saham

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×