kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masih mengantongi calon emiten dalam pipeline, sekuritas tunggu momentum pasar


Selasa, 16 Juni 2020 / 22:46 WIB
Masih mengantongi calon emiten dalam pipeline, sekuritas tunggu momentum pasar
ILUSTRASI. Petugas kebersihan membersihkan logo IDX di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (20/4).


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepanjang tahun 2020, sebanyak 28 perusahaan telah melaksanakan initial public offering (IPO) dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Per 15 Juni 2020, masih ada 20 calon emiten yang terdapat dalam pipeline IPO BEI.

Perusahaan sekuritas yang telah mengantarkan emiten untuk melaksanakan penawaran saham perdana pada 2020 ini juga masih memiliki sejumlah calon emiten dalam pipeline IPO-nya. Sebut saja NH Korindo Sekuritas dan Surya Fajar Sekuritas yang masing-masing sudah mengawal IPO tiga perusahaan.

Baca Juga: Ada corona, Ciputra Development (CTRA) berikan diskon kepada para penyewa tenant

Direktur Utama NH Korindo Sekuritas Jeffry Wikarsa mengatakan, ada tiga calon emiten yang sedang dalam proses di BEI dan Otoritas Jasa Keuangan. Ketiga emiten tersebut masing-masing bergerak di bisnis properti, tekstil, dan industri barang konsumsi dengan target nilai emisi Rp 100 miliar-Rp 200 miliar per perusahaan.

Menurut Jeffry, minat IPO di tengah pandemi Covid-19 memang masih ada, tetapi beberapa emiten masih menunggu momentum pasar untuk pulih kembali. "Di luar tiga perusahaan tadi, masih ada beberapa calon emiten dalam pipeline yang menunggu perkembangan di pasar modal," ungkap dia saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (16/6).

Jeffry menambahkan, pihaknya harus realistis melihat kondisi pasar modal saat ini, sebab ada potensi, saham yang bakal dilepas tidak terserap maksimal. Mengingat, tujuan IPO adalah untuk menawarkan saham ke investor publik, yakni masyarakat pada umumnya.

Baca Juga: Fokus peningkatan bisnis layanan data, prospek TLKM diprediksi masih positif

Calon emiten yang ada dalam pipeline IPO NH Korindo Sekuritas juga bakal mengincar nilai emisi dengan kisaran Rp 100 miliar-Rp 200 miliar. Meskipun begitu, ada juga yang berencana hanya meraup dana segar kurang dari Rp 100 miliar.




TERBARU

[X]
×