Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa emiten yang bergerak di bidang properti mencatatkan peningkatan pra-penjualan atau marketing sales pada semester 1 2023.
Yang pertama adalah PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) yang berhasil mencatatkan marketing sales sebesar Rp 1,6 triliun. Perolehan tersebut setara 32% dari target SMRA tahun 2023 sebesar Rp 5 triliun.
Pencapaian ini terdiri dari penjualan produk rumah sebesar 58%, ruko 28%, kavling 7%, serta apartemen dan komersial 7%. Pada semester II/2023, SMRA masih meluncurkan beberapa produk rumah dan komersial.
Baca Juga: Alam Sutera (ASRI) Proyeksi Okupansi Mall Alam Sutra Capai 75% di Kuartal IV-2023
Kemudian ada PT Ciputra Development Tbk (CTRA) yang mencatatkan marketing sales Rp 5,1 triliun pada semester I 2023. Raihan tersebut memenuhi 57% dari target di tahun 2023 sebesar Rp 8,9 triliun.
Head of Investor Relation CTRA Aditya Ciputra Sastrawinata mengatakan, angka tersebut mengalami peningkatan 27% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
“Pencapaian tersebut didorong oleh penjualan pada segmen produk perumahan dan juga dibantu oleh kondisi suku bunga KPR yang kondusif,” ujarnya kepada Kontan, Senin (17/7).
Di semester pertama, CTRA melakukan beberapa launching produk perumahan dan ruko. Launching di semester pertama ini memberikan kontribusi Rp 2,4 triliun marketing sales dari penjualan 1.379 unit properti. Aditya memaparkan, segmen rumah tapak dan ruko masih menjadi pilar penting kinerja Ciputra.
Baca Juga: Hingga Akhir Tahun, Indonesia Paradise (INPP) Optimis Revenue Bisa Tumbuh 20%-30%
Kedua segmen itu menyumbang 95% dari total marketing sales di semester I dengan pertumbuhan 33% secara tahunan untuk rumah tapak dan 15% untuk ruko.
Peningkatan ini juga diikuti oleh PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) yang membidik marketing sales tahun 2023 sebesar Rp 1,8 triliun. Jumlah tersebut sama seperti target yang dibuat MTLA di tahun 2022 silam.