kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manulife AM salurkan dana purifikasi reksadana syariah Rp 285 juta


Kamis, 23 Agustus 2018 / 15:06 WIB
Manulife AM salurkan dana purifikasi reksadana syariah Rp 285 juta
Peresmian SDN Sukarena, Serang pasca direnovasi oleh MAMI


Reporter: Grace Olivia | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - SERANG. PT Manulife Asset Management (MAMI) kembali menyalurkan dana purifikasi reksadana syariah. Perusahaan manajer investasi ini, Kamis (23/8), menyelenggarakan seremoni pengguntingan pita setelah rampung mengadakan program renovasi SDN Sukarena di Desa Cemplang, Ciomas, Serang, Banten.

MAMI menyalurkan dana purifikasi reksadana Manulife Syariah Sektoral Amanah (MSSA) sejumlah Rp 285,78 juta.

Legowo Kusumonegoro, Presiden Direktur MAMI menjelaskan, dalam pengelolaan reksadana syariah, ada kemungkinan reksadana tersebut menerima pendapatan yang tidak sesuai dengan prinsip syariah. Pendapatan tersebut akan langsung dikeluarkan dari portofolio, sesuai dengan aturan pengelolaan reksadana syariah.

Dana yang berasal dari hasil pembersihan atau purifikasi inilah yang kemudian disalurkan untuk kepentingan umum.

“Tahun ini kami menyalurkan dana purifikasi untuk merenovasi SDN Sukarena di Serang,” kata Legowo.

Legowo mengatakan, MAMI kembali menggandeng Yayasan Dompet Dhuafa Republika (Dompet Dhuafa) dalam program penyaluran dana purifikasi. Dompet Dhuafa bertugas menyeleksi dan mengajukan beberapa alternatif program yang tepat di berbagai wilayah Indonesia untuk menerima dana purifikasi.

Iwan Ridwan, Direktur Utama Dompet Dhuafa menjelaskan, SDN Sukarena memiliki lima kelas, namun, hanya tiga kelas yang berfungsi untuk kegiatan belajar-mengajar. Dua kelas lainnya dalam kondisi rusak parah, baik di sisi atap, dinding, maupun lantai.

“Melalui program purifikasi reksadana syariah kelolaan MAMI, kami merenovasi bangunan sekolah selama dua bulan, mulai dari bulan Juni hingga Agustus 2018,” kata Iwan.

Tahun lalu, MAMI menyalurkan dana purifikasi sekitar Rp 424 juta melalui Dompet Dhuafa untuk pembangunan jembatan di Gunungpati, Semarang. Sebelumnya, pada tahun 2016, dana purifikasi sekitar Rp 271 juta disalurkan melalui Dompet Dhuafa untuk merenovasi SDN 02 Jampang di Gunung Sindur, Bogor.

MAMI juga bekerja sama dengan TICMI untuk menyalurkan dana purifikasi sebesar Rp 312 juta untuk membiayai program beasiswa Ahli Syariah Pasar Modal.

Saat ini MAMI mengelola tiga reksadana syariah. Dua di antaranya adalah reksadana syariah jenis saham, yaitu Manulife Syariah Sektoral Amanah (MSSA) dan Manulife Saham Syariah Asia Pasifik Dollar AS (MANSYAF), serta satu reksadana syariah sukuk, yaitu Manulife Syariah Sukuk Indonesia (MSSI).

Reksadana MSSA yang ditawarkan sejak tahun 2009 telah memiliki dana kelolaan sejumlah Rp 337,67 miliar hingga akhir Juli 2018. Pada periode yang sama, reksadana MANSYAF, yang memiliki diversifikasi portofolio di delapan negara dan diluncurkan pada 15 Februari 2016, telah memiliki dana kelolaan sejumlah USD 451,81 juta. Sementara, reksadana MSSI yang dapat dibeli minimum Rp 10.000 dan baru diluncurkan pada bulan Mei 2017, telah memiliki dana kelolaan sejumlah Rp 597,12 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×