kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45966,88   -21,07   -2.13%
  • EMAS958.000 0,00%
  • RD.SAHAM -1.46%
  • RD.CAMPURAN -0.55%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Mandiri Sekuritas: Banyak emiten berminat terbitkan obligasi


Kamis, 23 Juli 2020 / 17:08 WIB
Mandiri Sekuritas: Banyak emiten berminat terbitkan obligasi
ILUSTRASI. Obligasi


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mandiri Sekuritas menyebutkan saat ini ada beberapa emiten yang tengah melakukan proses bookbuilding untuk penerbitan obligasi. 

Direktur Utama Mandiri Sekuritas Dannif Danusaputro melihat saat ini emiten yang berencana untuk menerbitkan obligasi jumlahnya lebih banyak ketimbang institusi yang berniat melakukan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham. 

"Dari IPO saya masih belum melihat instutusi besar masuk, kalau issuer fixed income akan lebih banyak," jelas Dannif, Kamis (23/7). 

Baca Juga: Mandiri Sekuritas bukukan pendapatan Rp 288 miliar di semester I-2020

Hal ini sejalan dengan kebutuhan emiten untuk melakukan refinancing obligasi yang akan segera jatuh tempo maupun untuk memperkuat likuiditas apabila pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masih akan berlanjut. Mengingat hingga saat ini kasus Covid-19 di Indonesia juga belum menunjukkan penurunan. 

Menurutnya rencana penerbitan obligasi yang saat ini akan ada dalam pipeline Mandiri Sekuritas didominasi oleh sektor-sektor yang selama ini aktif di pasar obligasi seperti multifinance, finansial dan infrastruktur. Meski tak dipungkiri Mandiri Sekuritas juga tengah memegang perusahaan yang akan melantai. 

"Untuk IPO kita lebih ke institutional investor dan foreign off-shore investor. Sektornya yang terkait dengan kesehatan dan konsumer," jelas Dannif. 

Dia menambahkan, dalam menerbitkan obligasi para issuer juga tetap harus memperhatikan tenor waktu. Menurutnya saat ini pasar obligasi menunjukkan kecenderungan memilih obligasi jangka pendek. 

Baca Juga: Pendapatan bisnis obligasi global Mandiri Sekuritas melesat 41% di semester I

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×