kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manajemen Merespons Soal Rumor Investor Strategis Ikut dalam IPO Pertamina Geothermal


Kamis, 02 Februari 2023 / 05:45 WIB
Manajemen Merespons Soal Rumor Investor Strategis Ikut dalam IPO Pertamina Geothermal


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Initial public offering PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) diwarnai kabar kedatangan investor strategis. 

Saat dikonfirmasi, Direktur Utama Pertamina Geothermal Energy Ahmad Yuniarto tidak berbicara banyak mengenai kabar ini.

“Kami melakukan proses penawaran perdana saham, kami sangat terbuka opportunity untuk anchor investor atau strategic investor karena ini menjadi bagian dari strategi pengembangan bisnis. Untuk detail penawaran saham perdana bisa didapatkan penjelasan dari penjamin emisi efek,” kata Yuniarto saat ditemui usai paparan public IPO Pertamina Geothermal, Rabu (1/2).

Sebelumnya, Direktur Utama Mandiri Sekuritas Oki Ramadhana menyebut IPO Pertamina Geothermal Energy ini telah diminati investor strategis dari luar negeri dengan jumlah yang sangat besar. Asal tahu, Mandiri Sekuritas berperan sebagai salah satu pelaksana emisi efek dari IPO Pertamina Geothermal.

Baca Juga: Anak Usaha Pertamina IPO, Berpotensi Raih Dana Segar Hingga Rp 9,78 Triliun

Adapun investor kakap ini akan dibawa Indonesia Investment Authority (INA). Oki bilang investor asing ini salah satunya akan berasal dari kawasan Timur Tengah.  

Anak usaha PT Pertamina ini akan mendistribusikan IPO ke investor internasional dan domestik. Penawaran saham perdana ke investor internasional akan dilakukan lewat International Public Offering. 

Menurut Yuniarto, international offering ini memungkinkan jangkauan investor sampai ke Eropa dan Amerika Serikat (AS). Hanya saja, pencatatan saham akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI)

PGEO telah memulai periode bookbuilding pada hari ini, Rabu (1/2) hingga Kamis (9/2). Rentang harga book building yang dipasang PGEO berada di Rp 820 - Rp 945 per saham. 

Baca Juga: Apexindo Pratama Duta (APEX) Targetkan Peningkatan Utilisasi Rig Pengeboran

Dalam aksi korporasi ini, PGEO akan melepas sebanyak-banyaknya 10,35 miliar saham, yang mewakili sebanyak-banyaknya sebesar 25,00% dari modal ditempatkan dan disetor IPO. Sehingga, perusahaan pelat merah tersebut berpotensi meraup dana segar maksimal Rp 9,78 triliun.

Mayoritas dana hasil IPO akan digunakan untuk pengembangan bisnis. Sekitar 85% dana hasil IPO akan digunakan untuk pengembangan usaha sampai dengan tahun 2025. 

Pengembangan ini terdiri atas sekitar 55%  akan digunakan untuk belanja modal alias capital expenditure (capex) atau investasi pengembangan kapasitas tambahan dari Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) operasional saat ini yang dilakukan melalui pengembangan konvensional dan utilisasi co-generation technology untuk memenuhi permintaan tambahan dari pelanggan existing. 




TERBARU

[X]
×