kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mahaka Media jamin pinjaman anak usaha Rp 73 M


Rabu, 15 April 2015 / 18:58 WIB
Mahaka Media jamin pinjaman anak usaha Rp 73 M
ILUSTRASI. Petugas memperlihatkan emas batangan pecahan 10 gram di Galeri 24 Pegadaian Jakarta./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/07/06/2023.


Reporter: Wuwun Nafsiah | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. PT Mahaka Media Tbk (ABBA) akan memberikan jaminan atas utang anak usahanya, PT Danapati Abinaya Investama (DAI). Pemilik stasiun televisi Jak TV itu bermaksud menarik fasilitas pembiayaan dari Bank Muamalat senilai Rp 73,05 miliar.

Pinjaman ini nantinya akan digunakan DAI untuk pengambilalihan fasilitas modal kerja dan investasi dari PT Bank Artha Graha Internasional Tbk, pengambilalihan obligasi, serta modal kerja pembuatan program.

Per 31 Desember 2014, nilai ekuitas ABBA adalah sebesar Rp 135,99 miliar. Dengan demikian, transaksi tersebut memiliki nilai 53,72% dari ekuitas perseroan.

DAI akan mengganti beberapa peralatan penyiaran yang sudah rusak dan tidak layak pakai. Penggantian ini diharapkan dapat meningkatkan tampilan dan kualitas tayangan program-program di Jak TV. Pada akhirnya ABBA berharap jumlah penonton Jak TV akan bertambah sehingga rating dan share meningkat dan membuat pendapatan iklan pun meningkat.

"Pemberian jaminan ini juga dapat menurunkan beban keuangan perseroan, yakni dalam bentuk penurunan biaya modal pinjaman," ungkap Direksi ABBA dalam pengumuman resmi, Rabu (15/4).

ABBA harus mendapat dari pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), mengingat transaksi ini termasuk dalam kategori transaksi material sebagaimana diatur dalam Peraturan Bapepam No. IX.E.2. Adapun RUPS untuk meminta persetujuan pemberian jaminan utang ini akan dilaksanakan tanggal 22 Mei 2015.

ABBA menjadi salah satu pemegang saham DAI dengan kepemilikan 50%. Pemegang saham lainnya yakni PT Graha Media Center dengan kepemilikan 50%. Jika terjadi defisiensi cashflow pada DAI, maka ABBA beresiko untuk mengcover pembayaran angsuran DAI di Bank Muamalat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×