kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45940,40   -23,32   -2.42%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Luno Indonesia: Bitcoin akan tumbuh positif sepanjang tahun 2019


Selasa, 12 Februari 2019 / 12:16 WIB
Luno Indonesia: Bitcoin akan tumbuh positif sepanjang tahun 2019


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mata uang kripto, bitcoin, diperkirakan akan mengalami pertumbuhan positif sepanjang tahun ini. Tak hanya dari aspek pergerakan harga saja, melainkan juga aspek nilai kegunaan aset digital tersebut.

Country Head of Growth Luno Indonesia, Claristy menyampaikan, sejak pertama kali dikenalkan hingga saat ini, harga bitcoin telah mengalami peningkatan yang signifikan dan tergolong fluktuaktif. Harga bitcoin bahkan pernah mencapai titik tertinggi di akhir 2017, kemudian mengalami tren penurunan sepanjang 2018.

Kendati demikian, ia menekankan bahwa bitcoin perlu dipandang dari dua sisi, yakni dari sisi harga (price) dan nilai (value). Harga bitcoin yang tersaji pada saat ini murni dipengaruhi oleh faktor permintaan, penawaran, dan berita-berita global terkait mata uang kripto tersebut. Di sisi lain, value merupakan nilai kegunaan bitcoin.

“Semakin banyak orang dan perusahaan yang menggunakan bitcoin atau teknologi yang mendukungnya, maka value dari bitcoin akan makin tinggi,” ungkap Claristy dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, hari ini.

Selain itu, pertumbuhan harga bitcoin perlu dilihat dalam rentang waktu yang lebih panjang atau sekitar 5 hingga 10 tahun. Menurut Claristy, dalam rentang waktu tersebut, harga bitcoin sebenarnya tetap dalam tren peningkatan.

Berangkat dari situ, ia optimistis bitcoin akan tetap berkembang ke arah yang lebih positif pada tahun ini, termasuk di Indonesia Salah satu faktor yang mendukung hal tersebut adalah potensi meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap bitcoin di Indonesia.

Pasalnya, melalui Peraturan Menteri Perdagangan RI No. 99/2018 tentang Kebijakan Umum Penyelenggara Perdagangan Berjangka Aset Kripto, bitcoin atau mata uang kripto lainnya telah ditetapkan sebagai aset digital sekaligus subjek komoditas yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

Berikutnya, bitcoin juga telah mendapat dukungan mengingat banyaknya perusahaan dan investor kelas kakap berskala global yang berminat terhadap instrumen ini. Di beberapa negara, perusahaan-perusahaan manajer investasi besar telah menjadikan bitcoin sebagai salah satu instrumen alternatif yang bernilai jutaan dollar AS.

Edukasi terhadap bitcoin juga terus dilakukan secara gencar, sehingga tingkat pemahaman masyarakat Indonesia terhadap kegunaan aset digital ini semakin baik.

“Masyarakat Indonesia sudah mulai memahami kegunaan dompet bitcoin atau teknologi baru yang memberi cara baru untuk melakukan investasi dan mengirim dana dengan lebih cepat, mudah, dan biaya transaksi yang lebih murah,” terang Claristy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×