kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,43   -4,30   -0.45%
  • EMAS1.029.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Logindo Samudramakmur (LEAD) Optimistis Mampu Capai Target Kinerja pada 2022


Selasa, 23 Agustus 2022 / 15:46 WIB
Logindo Samudramakmur (LEAD) Optimistis Mampu Capai Target Kinerja pada 2022
ILUSTRASI. PT Logindo Samudramakmur Tbk (LEAD) optimistis mampu mencapai target kinerja pada tahun ini


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Logindo Samudramakmur Tbk (LEAD) optimistis mampu mencapai target kinerja pada tahun ini. Dalam laporan keuangan yang dirilis Selasa (23/8), LEAD mencatat pendapatan senilai US$ 13,16 juta pada paruh pertama tahun ini. Pendapatan tersebut naik 10,21% dari periode yang sama tahun lalu US$ 11,94 juta.

Rinciannya, pendapatan dari pihak ketiga untuk jasa pelayaran menyumbang US$ 12,27 juta dan jasa pelayaran lainnya berkontribusi US$ 877.448. Pelanggan dengan nilai pendapatan lebih dari 10% meliputi PT Pertamina Hulu Mahakam, PT Bahtera Niaga International, PT Trijaya Global Marindo, dan PT Pelayaran Nasional Ekalyapurnamasari.

Di saat yang sama, LEAD juga mencatat beban pokok pendapatan yang 13,40% lebih besar dari sebelumnya US$ 10,97 juta menjadi US$ 12,44 juta pada semester pertama tahun ini. Setelah dikurangi beban lain-lain, LEAD harus menanggung rugi tahun berjalan senilai US$ 3,05 juta atau 25% lebih besar dari rugi tahun berjalan pada semester 1 tahun lalu US$ 2,44 juta.

Baca Juga: Logindo Samudramakmur (LEAD) Bukukan Kerugian US$ 3,05 juta di Semester I 2022

Sekretaris Perusahaan LEAD Adrianus Iskandar mengatakan, kenaikan laba bersih pada semester pertama tahun ini disebabkan oleh peningkatan biaya gaji dan tunjangan dan harga spare part yang lebih tinggi, termasuk harga pengirimannya. Ke depannya, LEAD berupaya untuk melanjutkan upaya efisiensi.

Meski realisasi kinerja keuangan di semester pertama tahun ini di bawah target, tetapi Adrianus optimis di semester kedua akan mengejar kekurangan di semester 1. LEAD percaya dapat mencapai target pendapatan sebesar US$ 27 juta untuk tahun ini.

Kinerja pada paruh kedua tahun ini akan didorong salah satunya oleh peningkatan permintaan jasa armada LEAD dan juga ada sedikit peningkatan harga sewa kapal.

"Pada semester pertama 2022 tingkat utilisasi kapal tercatat 75%. Untuk saat ini kami belum berencana untuk menambah armada," ujarnya pada Kontan, Selasa (23/8).

Sebagai informasi, total kapal yang beroperasi sekitar 41 unit kapal. LEAD juga merealisasikan belanja modal sekitar US$ 1,4 juta hingga Juni 2022 dari total capex yang disiapkan sebesar US$ 2,3 juta. Ia bilang semua capex digunakan untuk kebutuhan docking kapal.

 

 

Dari segi kontrak, Logindo Samudramakmur Tbk berhasil mengempit kontrak baru sebesar US$ 21 juta hingga akhir Juli 2022. Adapun perseroan memasang target kontrak baru sebesar US$ 27 Juta tahun ini. Kontrak baru tersebut diperoleh dari perusahaan minyak seperti PHM, PHE NSO, Premier Oil, HCML dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×