kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laba Bersih Wijaya Karya (WIKA) Ambles 98,31% pada Kuartal I 2022


Jumat, 08 Juli 2022 / 19:54 WIB
Laba Bersih Wijaya Karya (WIKA) Ambles 98,31% pada Kuartal I 2022
ILUSTRASI. Logo PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) catatkan penurunan laba bersih sepanjang kuartal I 2022. Laba bersih emiten konstruksi plat merah itu ambles 98,31% secara tahunan (yoy) menjadi Rp 1,32 miliar.

WIKA membukukan pendapatan sebesar Rp 3,16 triliun. Realisasi itu turun 19,38% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 3,92 triliun. Beban pokok pendapatan turun 23,28% menjadi Rp 2,8 triliun. Sehingga perseroan masih mampu membukukan laba kotor sebesar Rp 358,12 miliar, atau tumbuh 33,4% yoy.

Perseroan membukukan margin laba kotor sebesar 11,32%, meningkat dibandingkan capaian pada periode yang sama tahun sebelumnya yaitu sebesar 6,84%. Kontribusi laba kotor yang diperoleh perseroan terutama disumbang dari segmen infra & gedung, diikuti oleh segmen industri, energy & industrial plant, investasi dan realty & property.

Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito menyampaikan bahwa hasil ini dicapai berkat strategi korporasi dalam melakukan efisiensi biaya operasi. Selain itu, saat ini kondisi keuangan perseroan berada pada kondisi baik ditunjukkan dari kas setara kas saat ini sebesar Rp 4,34 triliun.

Baca Juga: Wika Gedung (WEGE) Bukukan Kontrak Baru Rp 3,04 Triliun di Semester I 2022

“Tahun ini kami masih menghadapi tantangan di mana perseroan masih menghadapi beberapa pemberi kerja yang memiliki kesulitan likuiditas sehingga collection period masih belum seperti yang diharapkan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (8/7).

Dari sisi kontrak baru, hingga Mei 2022 WIKA mencatatkan perolehan kontrak baru sebesar Rp 12,45 triliun atau meningkat sebesar 57,54% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Salah satu perolehan kontrak baru perseroan datang dari Pembangunan & Revitalisasi Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali dan Preservasi Jalan dan Jembatan Bali sebagai infrastruktur penunjang perhelatan internasional G20 pada bulan Oktober 2022 mendatang.

Pekerjaan Terminal VVIP yang ditargetkan selesai pada Agustus 2022 tersebut akan menjadi wajah baru Indonesia di Bali untuk menyambut para kepala negara, delegasi G20 dan tamu kenegaraan.

Ruang lingkup WIKA pada proyek tersebut meliputi pekerjaan bangunan VVIP, bangunan pos jaga, bangunan ruang tunggu, bangunan GWT hingga pekerjaan lansekap.

Baca Juga: WIR Asia (WIRG) Naik Daun Gara-Gara Metaverse

Selain bandara, dukungan WIKA terhadap kesiapan perhelatan G20 juga dibuktikan dengan pekerjaan Preservasi Jalan dan Jembatan Bali yaitu meliputi ruas Simpang Pesanggaran – Nusa Dua, Jimbaran – Uluwatu dan Penataan Lansekap Bundaran, Pedestrian, dan Median Ruas Jalan Bandara Ngurah Rai.

Lingkup pekerjaan WIKA meliputi beautifikasi taman dan jalan berupa pekerjaan lansekap, perapihan trotoar dan kelengkapan guiding block atau jalan pemandu bagi penyandang disabilitas, hingga pekerjaan pengaspalan dan penyiapan lahan parkir untuk area Garuda Wisnu Kencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×