kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,87   8,42   0.91%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kurs rupiah terpuruk ke level terendah sejak Januari 2016


Kamis, 08 Maret 2018 / 17:11 WIB
Kurs rupiah terpuruk ke level terendah sejak Januari 2016
ILUSTRASI. Petugas Merapihkan Mata Uang Rupiah dan Dollar AS


Reporter: Dimas Andi | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup melemah 0,41% dibandingkan hari sebelumnya ke level Rp 13.816 per dollar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Kamis (8/3). Ini merupakan level terendah sejak Januari 2016.  Tidak hanya di pasar spot, kurs tengah rupiah di Bank Indonesia juga melemah 0,08% ke level Rp 13.774 per dollar AS.

Reny Eka Putri, Analis Pasar Uang Bank Mandiri mengatakan, sentimen eksternal masih mendominasi pergerakan rupiah pada hari ini. Ia pun menyebut, para pelaku pasar tengah menanti rilis data-data ekonomi AS pada esok hari. Data yang dimaksud adalah data non farm employment change (NFP) dan data tingkat pengangguran AS.

"Besar kemungkinan kedua data ini menunjukkan hasil positif," kata Reny.

Ia melanjutkan, para pelaku pasar was-was lantaran data-data ekonomi tersebut bisa menjadi acuan bagi The Federal Reserve dalam menaikkan suku bunga acuan AS pada rapat 21 Maret nanti.

Di samping itu, isu perang dagang akibat kebijakan kenaikan tarif impor oleh Presiden AS Donald Trump juga mempengaruhi pergerakan rupiah sepanjang hari ini. "Perang dagang berpotensi merugikan mitra dagang AS, termasuk Indonesia," katanya.

Sementara dari dalam negeri, belum ada sentimen yang mampu mendukung pergerakan rupiah. Walau BI sudah melakukan intervensi dengan cara mengurangi nilai cadangan devisa, namun hal itu belum terlalu berdampak terhadap posisi rupiah. "Karena tekanan luar negerinya memang kuat," ujar Reny.

Reny pun memprediksi, rupiah akan bergerak di kisaran Rp 13.735--Rp 13.798 pada perdagangan besok (9/3).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×