CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,80   -0,91   -0.09%
  • EMAS995.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Kurangi emisi karbon, Pan Brothers (PBRX) bangun instalasi panel surya


Senin, 06 Desember 2021 / 17:38 WIB
Kurangi emisi karbon, Pan Brothers (PBRX) bangun instalasi panel surya
ILUSTRASI. Pekerja tengah menyelesaikan produksi masker dan alat pelindung diri (APD) di Pabrik Tekstil PT Pan Brothers Tbk, Banten. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pan Brothers Tbk (PBRX) dan grup mulai membangun instalasi panel suryal tahap pertama di empat pabrik perusahaan. Dua pabrik berlokasi di Boyolali, satu pabrik di Sragen, dan satu pabrik di Cikande. 

Panel surya berkapasitas 2,554 kilowattpeak (kWp) ini ditargetkan selesai pada kuartal IV-2021. Pan Brothers bekerja sama dengan PT Xurya Daya Indonesia, pionir instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Suraya (PLTS) Atap. 

Dari instalasi panel surya ini, Pan Brothers dan grup berharap dapat mereduksi kurang lebih 63 juta kilogram karbon emisi (CO2e) per 30 tahun atau 2,1 juta kilogram per tahunnya.

Program ini akan dilanjutkan dengan instalasi tahap kedua yang rencananya akan dimulai pada kuartal I-2022 terhadap lima pabrik lainnya di Tangerang, Sragen, Klego, dan Sambi. 

Saat ini, anak usaha Pan Brothers, PT Prima Sejati Sejahtera telah mengoperasikan panel surya fase 1 pada tahap pertama yang berlokasi di Boyolali dengan kapasitas 368 kWp.

Baca Juga: Jelang tutup tahun, industri TPT dinilai bakal tumbuh positif

Wakil Direktur Utama PT Pan Brothers Tbk Anne Patricia Sutanto mengatakan, inisiatif tersebut merupakan salah satu komitmen Pan Brothers dan grup untuk menjadi pionir dalam mendukung
program pemerintah sehubungan dengan keberlanjutan dan program untuk mencapai Net-Zero Emission pada tahun 2060.

Pan Brothers dan grup juga berkomitmen untuk mengurangi separuh emisi gas rumah kaca pada 2030 melalui beberapa proyek. Sebut saja instalasi panel surya, peningkatan sumber energi terbarukan, proyek Zero Waste Management, ekonomi sirkuler, dan teknologi yang hemat energi.

Menurut Anne, reduksi emisi gas rumah kaca bertujuan untuk meminimalkan dampak perubahan iklim dan pemanasan global demi keberlanjutan kehidupan. 

"Mengingat keterbatasan sumber daya alam dan kebutuhan masa depan masyarakat, Pan Brothers dan grup turut bertanggung jawab untuk menjalankan bisnisnya
secara berkelanjutan dan meminimalkan dampak negatif pada ekosistem dan masyarakat global," kata Anne dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/12).

VP Marketing Xurya Daya Indonesia George Hadi Santoso mengapresiasi komitmen Pan Brothers untuk beralih ke energi terbarukan melalui instalasi PLTS Atap di seluruh fasilitasnya. 

"Kami berharap lebih banyak perusahaan di Indonesia yang mengikuti jejak Pan Brothers untuk membantu mengurangi pemanasan global dalam membangun masa depan yang lebih baik buat Indonesia," ucap dia.

Baca Juga: Pan Brothers (PBRX) Gelar Voting Proposal Restrukturisasi, Ini Skemanya

Pada tanggal 30 November 2021 lalu, Pan Brothers  menghadiri acara Indonesia German Renewable Energy Day (RE -Day) 2021. Dalam acara tersebut, Pan Brothers dan grup ikut menandatangani Pledge Programme dan berkomitmen untuk memanfaatkan setidaknya 31% sumber energi terbarukan di 21 entitas perusahaan pada 2030 dengan berinvestasi pada energi terbarukan dan teknologi hemat energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×