kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Kuartal I-2019, layanan data sumbang 86% pendapatan XL Axiata (EXCL)


Rabu, 08 Mei 2019 / 19:23 WIB

Kuartal I-2019, layanan data sumbang 86% pendapatan XL Axiata (EXCL)

Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Layanan data menjadi kontributor utama atas pendapatan emiten-emiten telekomunikasi. PT XL Axiata Tbk (EXCL, anggota indeks Kompas100 ini) misalnya, per kuartal I-2019 mencatatkan pendapatan layanan data sebesar Rp 4,63 triliun dari pendapatan layanan yang mencakup voice, SMS, dan data.

Angka ini menyumbang 86% terhadap pendapatan layanan EXCL yang sebesar Rp 5,38 triliun pada periode tersebut.


Menurut Group Head Corporate Communication EXCL Tri Wahyuningsih, pendapatan layanan data ini tumbuh 25% jika dibandingkan kuartal I-2018 yang sebesar Rp 3,71 triliun. Sementara pendapatan layanan tumbuh 12% secara year on year.

Presiden Direktur EXCL Dian Siswarini mengatakan, hasil kinerja kuartal I-2019 ini ditentukan karena upaya XL Axiata yang fokus mendorong layanan data. Dian menambahkan, XL Axiata terus memperluas infrastruktur jaringan data ke berbagai wilayah di Indonesia.

Hingga akhir Maret 2019, XL Axiata memiliki total 122.175 BTS, dengan 52.140 BTS 3G dan 33.106 BTS 4G. Layanan 4G XL Axiata kini telah menjangkau di 405 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia. Jumlah pelanggan XL Axiata juga meningkat di kuartal pertama 2019 ini menjadi 55.1 juta.

Adapun jumlah pelanggan yang menggunakan ponsel pintar menjadi 46,3 juta atau meningkat 15% dari pencapaian di periode yang sama tahun lalu. Menurut Info Memo EXCL Kuartal I-2019, pelanggan ponsel pintar yang haus data terus tertarik dengan penawaran menarik XL Axiata di jaringan data internet perusahaan yang kuat dan andal.

Alhasil, total trafik penggunaan jaringan XL Axiata di kuartal pertama 2019 meningkat 70% year on year. Peningkatan ini terutama ada di 4G yang kini menjadi mayoritas trafik data di jaringan XL Axiata.

Pada periode ini pula tercatat jumlah pelanggan yang menggunakan data sebanyak 86% dari total pelanggan. Peningkatan ini diklaim karena terus tumbuhnya pelanggan di luar Jawa.

Mengutip pemberitaan Kontan.co.id, Senin (29/4), Dian optimistis tahun ini pasar seluler akan mengalami pemulihan terutama dari layanan data karena adanya peningkatan trafik yang cukup kuat. “Di tahun 2019 diperkirakan trafik data XL Axiata akan meningkat 60% dibanding tahun lalu,” kata dia di Jakarta, Senin (29/4).

Untuk mengejar target tersebut, EXCL bakal terus meningkatkan jaringan 4G di luar Pulau Jawa. Per 2018, jaringan 4G EXCL mencakup lebih dari 80% populasi masyarakat Indonesia. Sementara itu, untuk tahun ini EXCL menargetkan bisa menjangkau 90% dari populasi masyarakat.

Sementara untuk Pulau Jawa, XL bakal fokus melakukan fiberisasi jaringan sebagai persiapan implementasi teknologi 5G.

Direktur Teknologi PT XL Axiata Tbk Yessie Dianty Yosetya mengatakan, tahun ini perusahaannya menargetkan fiberisasi bisa mencapai 30%-35% dari cakupan jaringan 4G XL Axiata. “Dalam tiga tahun kami targetkan untuk mencapai 50%,” ucap Yessie.

Tahun ini, XL Axiata juga akan fokus ke segmen rumah dengan layanan Fiber to the Home (FTTH) dan ke segmen perusahaan dengan layanan Internet of Things (IoT). Emiten ini juga akan terus meningkatkan kemitraan dengan penyedia ponsel pintar untuk mendorong percepatan layanan 4G di kalangan penggunanya melalui bundling produk.


Reporter: Nur Qolbi
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan


Close [X]
×